Pada kali ini kum3n ingin mengembangkan dongeng ya sekaligus pengalaman pekerjaan tadi ya lur.
Tadi pagi saya kedatangan pasien motor yamaha Vega usang dalam kondisi mesin sangat kasar, suaranya hampir menyerupai penggiling beras lur wkwkwk.
Sekilas percakapan saya dengan konsumen:
Saya : motornya kenapa mas?
Konsumen : tolong gantikan stang seher nya mas.?
Saya : coba saya hidupkan motornya dulu mas.
Setelah saya hidupkan bunyi terdengan di blok atas pecahan seher, kok bilangnya ganti stang, 🤔
Saya bilang ke ia bila bunyi ini bukan stang sehernya, tapi di kisaran klep, dan seher.
Usut di usut ternyata motor habis di bongkar ganti sehernya 5 bulanan yang lalu.
Selanjutnya pembongkaran pun di mulai.
Dari lepas knalpot, lepas gear timing, lepas baut cob buring, dan terlihat seher baret. Nah ini biang keladi nya lur.
Eeh gres sadar ternyata pemasangan piston terbalik. Wadduh ini ia penyebab seher cepat baret lagi.
Untuk arah tanda piston saya pernah membahasnya di artikel saat pemasangan perhatikan tanda pada piston.
Penanganan yang di lakukan.
Ganti piston, ganti seal klep, ganti paking atas bawah, bubut buring, skur klep.
Untuk pelepasan templar saya gunakan bekas gear dengan baut dan mur ukuran 12. Jelasnya lihat gambar berikut.
Setelah semua beres di kerjakan dan pasang kembali.
Motor saya nyalakan bunyi sudah tidak agresif di pecahan atas lagi, tetapi masih ada ngelotok di pecahan kopling nya.
Wah komplikasi pikir saya.
Mau tidak mau bongkar pecahan kopling pun di lakukan, saya temukan baut kopling ganda nya kendor menjadikan bunyi ngelotok tersebut.
Sudah terlajur bongkar saya cek kampas kopling gandanya sekalian, ternyata memang sudah aus, sumbangan alas pada karet gandanya menyerupai yang pernah saya bahas di artikel mengakali kampas ganda yang habis dan penyebab motor tidak dapat posisi netral.
Terakhir semua saya pasang kembali dan jreeeng. Waaaduuuh suaranya normal lur. 🤣🤣
Catatan:
1. Di artikel ini saya menyarankan untuk lebih hati-hati dalam pemasangan piston semoga tidak salah arahnya.
2. Selalu cek kembali baut yang kita buka semoga tidak terjadi baut kendor, apalagi baut tersebut di dalam mesin.
Nah itulah dongeng sekaligus pengalaman saya hari ini, semoga bermanfaat. Terimakasih
Sumber https://www.kum3n.com/
Related Posts
- Rangkaian Sistem Pengapian Dan Penerangan Kawasaki KazeSelamat malam sedulur, bagaimana nih kerjaan nya? Lancar kan... Bengkel aku lagi banyak rosokan nih, bikin pusing lur 😂. Kali ini kum3n.com akan me ...
- Mengatasi Vario 110 Usang Mogok Dan Aki NgedropSalah satu trouble yang sering terjadi di motor vario 110, beat lama, dan tampaknya semua matic honda keluaran lama. Motor ini sering mogok di jalan ...
- Cara Pengecekan Pulser Di Sepeda MotorSebenarnya Saya gundah mau kasih judul apa pada postingan kali ini, ya pada dasarnya kita akan membahas cara menyidik kondisi pulser di sepeda motor. ...
- Mengatasi Pengapian Hilang Pada Honda Beat Pgm FiHai sedulur, malam ini kum3n.com akan membuatkan pengalaman dari salah satu pengunjung blog ini, pengunjung tersebut mengalami trouble hilang pengapi ...
- Cara Mengganti Seal Water Pump / Mechanical Honda Vario CwJika kita membahas wacana seal water pump maka akan ada korelasi nya dengan air radiator. Kalau sudah berafiliasi dengan air radiator atau coolant ak ...
- Mengganti Gear Set Yamaha VixionSekarang Lagi isu terkini hujan lur, jadi harus anda perhatikan kondisi motor kalau anda seorang pekerja yang mengandalkan kuda besi untuk transporta ...