Jalur Sistem Pengapian Kawasaki Ninja R 150 Kips - Brosense Jalur Sistem Pengapian Kawasaki Ninja R 150 Kips | Brosense

Jalur Sistem Pengapian Kawasaki Ninja R 150 Kips

Jare cah enom yen ora ninja ora di cinta Lur? Piye menurutmu? Haha. Itu sih kata bawah umur muda, kalau kiprah kita sebagai mekanik ya harus mencar ilmu sistem nya, contohnya sistem pengapian nya.

Karena akan lucu kalau ketika ada ninja mogok lantaran pengapian hilang, tetapi kita tidak tahu jalur kabel pengapian nya.

Nah pada posting artikel kali ini, kum3n.com akan membahas jalur kabel pengapian di motor kawasaki Ninja R 150 ini, yah kita sama-sama mencar ilmu saja. Ok.


Urutan yang akan kita bawas dari jantungnya dulu, yaitu, Stator/spul, Kiprok, CDI, dan Coil.

Ok pertama kita tunjukan gambar warna kabel yang berada di spul Ninja R 150 kips ini. Oya, dari spul ninja R 150 ada 5 kabel yang di kelompokan menjadi dua, kelompok pertama yaitu sebagai berikut.


Di kelompok yang pertama ada 3 kabel.

Y "kuning " = kabel ini keluar dari spul sebagai jalur penerangan.

W "putih" >< Bu/W "biru/putih" = kabel dari spul sebagai jalur pengisian. Bl/Y "hitam/kuning" = berdungsi sebagai massa body.
Catatan : perhatikan gambar yang aku lingkari, di siru sebetulnya ada sebuah soket, nah dari ketiga kabel dari spul, hanya putih yang nerubah warna menjadi biru/putih sehabis keluar dari soket tersebut.

Kelompok kedua kabel dari spul ninja 150 R.


Di kelompok ini terdapat 2 kabel. Yaitu:

W/G "putih/hijau" = kabel pulser.
W/R "putih/merah" = kabel pulser.

2 kabel tersebut berfungsi sebagai pulser atau pemberi sinyal waktu pengaipan pada CDI.

Trouble yang sering terjadi pada spul:

Makara contohnya ketika terjadi hilang pengapian maka kita pastikan dulu kabel putih dari spul mengeluarkan voltase listrik, lantaran kabel ini yang nantinya akan berperan penting di sistem pengapian.

Apabila kabel putih sudah mengeluarkan voltase pengapian tetapi dari coil tetap tidak ada bunga api, maka anda pastikan juga part pulser masih bekerja dengan baik, untuk cara pengecekan pulser sanggup memakai tutorial yang aku tulis di sini. Pengecekan pulser memakai Lampu Led.

Dan kalau pengapian sudah normal, tetapi lampu depan nya yang tidak menyala, maka anda pastikan kabel kuning dari spul mengeluarkan voltase kelistrikan.

Selanjutnya kita bahas Jalur kabel Kiprok Ninja 150 R.


Karena di motor ninja yang aku perbaiki ini sudah di ganti soket kiproknya, dan sudah di ganti memakai kiprok Yamaha Jupiter, jadi aku fotokan saja 4 kabel yang masuk ke pin Kiprok.

Sebenarnya kalau anda tau kegunaan tiap kabel yang masuk ke kiprok, anda sanggup memakai kiprok motor lain ke motor ninja ini.

Baca juga:
Warna kabel kiprok dan fungsinya.

Penjelasan gambar:

W/Bl "putih/hitam" = kabel arus 12v.
Y "kuning" = kabel lampu dari spul.
Bl/Y "hitam/kuning" = kabel massa body.
Bu/W "biru/putih" = kabel pengisian dari spul.

Trouble yang sering terjadi.

Pengapian hilang, di motor ini memakai CDI DC, jadi kiprok termasuk part penting di sistem pengapian nya, kalau pengapian hilang, sanggup juga di sebabkan oleh kiprok.

Aki cepat rusak/drop. Nah kalau ini terjadi di motor ninja anda, pastikan kabel putih/hitam ketika motor di selah-selah ada voltase yang keluar, dengan catatan, lepas dulu kabel (+) aki.

Lampu depan cepat putus. Ini juga salah satu akhir dari rusak nya kiprok, untuk mengeceknya anda sanggup memakai multitester kemudian colokkan probe merah ke kabel kuning kiprok, dan probe hitam ke massa, kemudian hidupkan motor dan gas agak kencang, kalau normal voltase akan tertahan, tapi kalau rusak, voltase akan naik trus hingga tak terhingga.

Kita lanjut ke kabel yang berada di soket CDI Ninja R Super kips.



Keterangan Gambar:

Bl/W "hitam/putih" = kabel dari CDI ke kontak / engine stop.
Bu/W "biru/putih" = 12v dari kiprok.
W/G "putih/hijau" = Kabel pulser dari spul.
W/R "putih/merah" = kabel pulser dari spul.
Bl/Y "hitam/kuning" = Kabel massa body.
W "putih" = kabel putih ini menuju ke coil.

Trouble yang sering terjadi.

Jika kabel putih tidak mengeluarkan percikan api, periksa kontak, sanggup jadi kendor atau konslet.

Pastikan juga kabel biru/putih sudah hingga di soket CDI ketika kita selah-selah motor.

Periksa pulser juga, lantaran kadang pulser lah penyebab pengapian hilang.

Nah kalau kabel putih dari CDI sudah mengeluarkan arus, tetapi dari coil masih tidak ada, maka kemungkinan besar masalahnya terdapat pada koil yang rusak.

Oya ini ada video jalur kabel pengapian di Ninja 150 R super kips.


Penutup:

Saya rasa cukup hingga di sini pembahasan kita di sitem pengapian Ninja R 150 ini, kalau ada yang salah dalam penulisan aku mohon koreksikan di kolom komentar.

Dan bila ada yang di tanyakan, silahkan tinggalkan di komentar juga.

Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Sumber https://www.kum3n.com/

Related Posts