Cara Memakai Kamera Mode Pro Galaxy S9 Dan S9+ Plus - Brosense Cara Memakai Kamera Mode Pro Galaxy S9 Dan S9+ Plus | Brosense

Cara Memakai Kamera Mode Pro Galaxy S9 Dan S9+ Plus

Segala sesuatu perihal mode kamera Pro Samsung pada Galaxy S9, S9 +, S8, S8 +, S7, S7 edge, Note 9 dan Note 8

Mode kamera Galaxy S9 Pro memberi Anda kendali penuh atas penembakan Anda: ISO, kecepatan rana, kecepatan rana, fokus otomatis, filter, white balance, dan pencahayaan. Jika Anda memakai mode Pro kamera Galaxy S9 dengan benar, Anda mungkin mendapat gambar yang jauh lebih baik daripada memakai mode Auto (default).

Tetapi bagi banyak pengguna tanpa latar belakang fotografi, kadang-kadang, itu luar biasa untuk menyesuaikan pengaturan untuk mode Pro kamera Galaxy S9 untuk mendapat foto yang diinginkan.

Panduan kamera Galaxy S9 ini menjelaskan apa mode kamera Pro Galaxy S9, ketika Anda mungkin membutuhkannya, dan semua pengaturan untuk mode Pro kamera Galaxy S9.

Harap dicatat, Galaxy S8, S8 +, Note 8 dan Note 9 mempunyai mode Pro yang menyerupai dengan yang ada di Galaxy S9 dan S9 +. Jadi, panduan ini juga berlaku untuk mode Pro di perangkat Samsung Galaxy ini.

Apa mode Pro kamera Galaxy S9? Kapan Anda membutuhkannya?

Di masa lalu, kamera smartphone biasanya lebih rendah daripada banyak kamera point-and-shoot kelas menengah (kadang-kadang, bahkan entry-level). Dan mustahil membandingkannya dengan DSLR.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, dengan kemajuan teknologi sensor kamera dan perangkat lunak, semakin banyak smartphone kelas atas yang sanggup menggantikan kamera point-and-shoot kelas menengah. Beberapa vendor ponsel Android mulai memperlihatkan beberapa fitur fotografi yang dulunya langsung di kamera DSLR

Sejak Galaxy S6, Samsung telah menyertakan mode Pro di banyak ponselnya. Namun kualitas foto yang diambil dalam mode Pro tergantung pada perangkat keras dan perangkat lunak ponsel.

Dengan mode Pro kamera Galaxy S9, beberapa pengguna sekarang sanggup dengan gampang mendapat banyak foto yang jauh lebih baik daripada dalam mode Auto.

 Segala sesuatu perihal mode kamera Pro Samsung pada Galaxy S Cara Menggunakan Kamera Mode Pro Galaxy S9 dan S9+ Plus

Mode Pro kamera Galaxy S9 memungkinkan Anda:
  • Sesuaikan nilai ISO
  • Sesuaikan apertur untuk memakai lubang ganda menyerupai yang dijelaskan dalam panduan ini.
  • Sesuaikan kecepatan rana.
  • Sesuaikan mode fokus otomatis.
  • Pilih filter kamera.
  • Sesuaikan white balance.
  • Sesuaikan kompensasi eksposur.
Simpan foto dalam format RAW.

Anda mungkin ingin mencoba mode Pro kapan pun Anda tidak puas dengan foto yang diambil dalam mode Otomatis atau mode kamera lainnya.

Misalnya, dalam kondisi cahaya redup, Anda sanggup bermain dengan nilai ISO dan kecepatan rana untuk mendapat foto yang kurang berisik dalam mode Pro. Mode Otomatis dalam situasi ini terkadang berfungsi dengan baik; terkadang tidak.

Atau, kalau kondisi pencahayaan sangat bervariasi di banyak sekali bab foto, Anda sanggup menentukan nilai ISO yang tepat, kecepatan rana, keseimbangan putih, dan kompensasi pencahayaan untuk mendapat foto yang lebih baik.

Meskipun mode kamera Pro terlihat rumit, Anda hanya perlu beberapa latihan dan logika sehat untuk menguasainya.

Bagaimana cara mengakses mode Pro kamera Galaxy S9?

Setelah Anda membuka aplikasi kamera Galaxy S9, Anda sanggup menentukan mode kamera di bab atas layar menyerupai yang ditunjukkan di atas. Pada Galaxy S8, S7, dan S6, Anda sanggup menggesek dari kiri ke kanan untuk mengakses halaman mode kamera di aplikasi kamera. Gerakan ini dipakai untuk mengganti mode pada Galaxy S9 dan S9 +.

Jika Anda memegang telepon dalam orientasi lanskap, lokasi pemilihan mode tidak akan berubah. Teks tidak berputar baik meskipun Galaxy S9 dan S9 + bahkan mendukung mode lanskap di layar awal.

Misalnya, menyerupai yang ditunjukkan pada gambar di bawah, mode Pro dipilih. Jadi, Anda sanggup mulai bermain dengan mode Pro.

Jika Anda tidak sanggup menemukan mode Pro di aplikasi kamera, sangat mungkin, Anda menonaktifkan mode ini di pengaturan kamera.

Bagaimana menyesuaikan pengaturan untuk mode Pro kamera Galaxy S9?

Kami akan menjelaskan pengaturan mode Pro kamera Galaxy S9 satu per satu.
Ketika Anda menyesuaikan pengaturan, itu akan segera berlaku. Tidak menyerupai itu di Galaxy S6 atau S7, Anda tidak sanggup menyimpan pengaturan mode Pro dan memuatnya kembali nanti.

Sesuaikan kompensasi eksposur

Eksposur ialah pengukuran jumlah cahaya per satuan luas pada foto. Eksposur yang lebih tinggi berarti lebih terang.

Secara default, eksposur dihitung menurut kecepatan rana dan rana.

Seperti ditunjukkan di atas, Anda sanggup secara manual "menambahkan" (seret ke sisi kanan) atau "kurangi" (ke sisi kiri) eksposur tertentu ke atau dari foto. Penyesuaian ini dikenal sebagai kompensasi pencahayaan.

Kompensasi pencahayaan berlaku untuk keseluruhan gambar. Anda tidak sanggup menambahkan pencahayaan di beberapa area, dan menguranginya di area lain (sebagian besar perangkat lunak pengeditan foto mungkin sanggup melakukannya).

Sesuaikan white balance

Di mata kami, putih selalu putih. Tetapi kalau Anda mengambil foto kertas putih, Anda akan melihat warna putih mungkin tampak kekuningan dengan cahaya pijar, dan biru dengan cahaya fluorescent.

Secara default, kamera Galaxy S9 akan mencoba mencari tahu kondisi pencahayaan termasuk suhu warna.

Anda sanggup menimpa suhu warna yang dihitung dengan menyesuaikan white balance menyerupai ditunjukkan di bawah ini.

Secara default, suhu warna dihitung secara otomatis. Anda sanggup menekan tombol Auto menyerupai yang ditunjukkan di atas untuk menyesuaikannya secara manual.
  • Anda sanggup menyesuaikan white balance secara manual:
  • Setel suhu warna secara langsung dengan mengetuk tombol K. Anda sanggup memakai penggeser untuk mengatur suhu warna.
  • Atur sumber cahaya sebagai fluorescent @ 4000K dengan mengetuk tombol fluorescent.
  • Atur sumber cahaya sebagai pijar @ 2800K dengan mengetuk ikon bohlam.
  • Atur sumber cahaya sebagai berawan @ 6500K.
  • Atur sumber cahaya sebagai siang hari @ 5500K.
  • Sesuaikan mode fokus otomatis (AF)
Saat Anda mengambil foto, kamera perlu fokus pada area atau objek tertentu. Fokus otomatis memungkinkan Anda mengarahkan ke objek (secara default di tengah dalam jendela bidik) dan menghitung fokus optik yang tepat (pencahayaan) menurut cahaya dan kedalaman pengaturan bidang.

Anda sanggup mengatur autofokus secara manual dari makro (bunga) ke lansekap (gunung) dengan meluncur dari kedua sisi. Ikon AF harus bermetamorfosis MF (fokus manual). Untuk keluar dari fokus manual, Anda sanggup mengetuk ikon manual (ikon AUTO pada gambar di bawah ini bermetamorfosis ikon Manual sekali dalam fokus manual).

Saat berada dalam fokus otomatis, Anda sanggup menentukan mode pengukuran (ikon di bawah ikon AF) sebagai:

Titik. Spot Metering mengevaluasi kondisi pencahayaan di sekitar titik fokus Anda dan mengabaikan area lain. Kemudian menghitung eksposur menurut area kecil itu. Bagus kalau Anda ingin mengambil foto untuk objek kecil (misalnya, burung) dan mengabaikan paparan di sekitarnya.

Berbobot pusat. Meteran berbobot-tengah mengevaluasi kondisi pencahayaan di tengah bingkai dan sekitarnya. Area tengah akan mempunyai lebih banyak berat dalam eksposur yang dihitung. Sudut-sudutnya biasanya diabaikan.

Matriks. Matrix metering ialah mode paling rumit. Ini mengevaluasi kondisi pencahayaan di seluruh frame dengan membagi frame ke banyak sekali zona. Singkatnya, mode pengukuran ini memakai semua area dalam bingkai dan area fokus juga dipertimbangkan secara bersamaan.

Anda juga sanggup mengatur mode AF-area (bagaimana titik fokus dipilih, ikon di bawah tombol white balance) sebagai:

Pusat. Mode Area AF tengah baik untuk objek stasioner.

Multi. Mode multi AF-area anggun untuk objek yang bergerak lambat, atau ketika Anda tidak sanggup menyimpan ponsel ketika mengambil foto.

Harap dicatat, Anda sanggup memakai kunci AF / AE untuk mengatur fokus dan eksposur tumpuan dengan mengetuk area yang ditargetkan.

Sesuaikan filter kamera Galaxy S9

Seperti ditunjukkan di bawah ini, Anda sanggup mengatur banyak sekali filter kamera untuk foto yang diambil dalam mode Pro kamera Galaxy S9.

Secara default, Anda sanggup menentukan filter kamera Galaxy S9 berikut:

Standar. Ini ialah default tanpa filter yang diterapkan.
Breezy.
Vivid.
Nostalgic.
Soft.
Serene.

Nada 1. Filter kamera ini bagi Anda untuk menyimpan pengaturan Anda sendiri. Anda sanggup menyesuaikan suhu warna, warna, kontras, saturasi, sorotan dan bayangan.

Nada 2. Anda sanggup menyimpan filter kamera Galaxy S9 kedua.

Secara teknis, filter ialah komponen dari efek kamera. Jadi, kalau Anda mengunduh efek kamera atau filter dari Galaxy Apps, mereka akan muncul sebagai efek kamera dalam mode Auto. Mereka TIDAK akan ditampilkan sebagai filter dalam mode Pro.

Dengan kata lain, Anda hanya sanggup menyesuaikan filter dalam mode Pro dengan Nada 1 dan Nada 2 saja.

Sesuaikan aperture dan kecepatan rana

Sebagian besar kamera ponsel cerdas mempunyai bukaan tetap untuk sensor kamera. Jika ada dua atau lebih kamera belakang (mis., Moto X4 + mempunyai 2 kamera belakang), masing-masing dari mereka biasanya mempunyai bukaan yang berbeda.

Salah satu fitur gres Galaxy S9 dan S9 + ialah fitur dual-bukaan untuk kamera utama.

Seperti yang dijelaskan dalam panduan ini, Anda sanggup menyesuaikan bukaan untuk kamera utama dalam mode Pro kamera Galaxy S9.

Pengaturan aperture dan pengaturan kecepatan rana membuatkan satu tombol menyerupai yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

Setelah Anda menekan tombol kecepatan rana dan kecepatan rana, Anda sanggup menyesuaikan:

Bukaan. Jika Anda menekan F1.5, maka akan beralih ke F2.4. Dan sebaliknya.

Kecepatan rana. Anda sanggup menggeser jari Anda antara 1/24000 dan 10s untuk menentukan kecepatan rana yang diinginkan. Kecepatan rana yang lebih cepat (sisi kiri) berarti rana menutup lebih cepat dan alasannya itu lebih sedikit cahaya yang mencapai sensor kamera. Kecepatan rana paling lambat pada kamera Galaxy S9 ialah 10 detik. Jika Anda menentukan kecepatan rana lebih lambat dari 1/5 detik, Anda tidak harus memegang telepon. Dalam kasus menyerupai itu, Anda harus memakai tripod. Jika tidak, foto mungkin buram. Tentu saja, beberapa pengguna yang berpengalaman sanggup mengambil foto dengan efek khusus dengan memainkan kecepatan rana (dan pengaturan lainnya juga).

Jika Anda mengatur kecepatan rana secara manual, tombol Auto akan bermetamorfosis Manual. Anda sanggup menekan tombol Manual untuk membiarkan kamera mengatur kecepatan rana.

Kecepatan rana dan apertur ketika ini selalu ditampilkan sebagai bab dari tombol kecepatan rana dan rana secara real-time. Misalnya, pada gambar di bawah, apertur ketika ini ialah f / 1.5, dan kecepatan rana 0,3 detik. Jika Anda memindahkan telepon, Anda sanggup melihat perubahan kecepatan rana (karena itu berada dalam mode kecepatan rana otomatis).

Harap dicatat, bukaan mengontrol ukuran lubang (rana), dan kecepatan rana mengontrol waktu pembukaan rana.

Sesuaikan nilai ISO

Nilai ISO memperlihatkan sensitivitas sensor pencitraan (atau film) terhadap cahaya. Nomor standar menjamin tingkat pemaparan keseluruhan yang sama pada kamera yang berbeda.

Di masa lalu, ketika film itu digunakan, nilai ISO dari film ialah tetap ketika diproduksi. Anda harus memakai gulungan lain kalau Anda perlu mengubah ISO.

Nilai ISO, bersama dengan bukaan dan kecepatan rana akan menentukan level eksposur. Oleh alasannya itu, dalam mode Pro kamera Galaxy S9, Anda tidak sanggup secara manual mengatur kompensasi eksposur kalau Anda mengatur ISO dan kecepatan rana secara manual. Dengan kata lain, Anda hanya sanggup menyesuaikan secara manual sampai dua dari tiga: eksposur, kecepatan rana (termasuk bukaan), dan ISO. Ini bekerjsama berlaku untuk semua kamera.

Misalnya, kalau Anda meningkatkan ISO dari 100 (dengan kecepatan rana 1 / 100s, dan tanpa kompensasi eksposur) sampai 200, Anda perlu meningkatkan kecepatan rana dari 1 / 100s ke 1 / 200s untuk mengkompensasi eksposur.

Untuk kamera digital, nilai ISO sanggup dengan gampang disesuaikan.

Tetapi Anda perlu memahami bagaimana nilai-nilai ISO mensugesti eksposur:

Lebih rendah lebih baik. Nilai ISO yang lebih rendah (sensitivitas lebih rendah) biasanya berarti foto yang kurang bising (kurang kasar).

Tetapi Anda perlu memakai ISO tinggi ketika kondisi pencahayaan tidak bagus, atau ketika Anda perlu memakai kecepatan rana yang lebih cepat untuk menangkap objek yang bergerak.

Untuk kamera Galaxy S9 dan Galaxy S9 +, Samsung membatasi pilihan Anda antara 50 dan 800 dalam mode Pro. Dalam mode Auto, jangkauannya jauh lebih besar.

Bagaimana cara menyimpan foto-foto modus kamera Galaxy S9 dalam format RAW?

Sebagian besar fotografer profesional mengandalkan format RAW, yang memungkinkan mereka untuk mengedit foto yang cacat atau menambahkan efek khusus.

Singkatnya, file gambar format RAW menyimpan data sensor gambar mentah (diproses sehingga data terstandardisasi) untuk foto, sebagai ganti file JPEG atau file gambar lainnya. Kemudian, Anda sanggup memakai beberapa perangkat lunak pengedit foto profesional untuk memodifikasi data sensor untuk mendapat foto yang sempurna.

Dalam mode Pro kamera Galaxy S9, Anda sanggup menyimpan foto dalam format RAW sebagai salinan kedua. Foto format JPEG selalu disimpan.

Untuk menyimpan salinan suplemen foto mode Pro dalam format RAW, Anda harus mengaktifkannya di pengaturan kamera Galaxy S9.

Seperti ditunjukkan di bawah ini, di pengaturan kamera, ketuk Ukuran gambar untuk kamera belakang.

Di halaman ukuran gambar, menyerupai yang ditunjukkan di atas, Anda sanggup menemukan opsi untuk menyimpan file RAW dan JPEG.

Anda sanggup menekan tombol untuk mengaktifkannya.

Harap dicatat, semua file gambar berformat RAW dan file JPEG terkait akan selalu disimpan di penyimpanan internal bahkan Anda mengatur kartu SD sebagai lokasi penyimpanan.

Bagaimana cara menambahkan mode Pro ke layar Galaxy S9?

Di Galaxy S8 dan S8 +, Anda sanggup menambahkan setiap mode kamera termasuk mode Pro ke layar beranda sebagaimana dijelaskan dalam panduan ini.

Sayangnya, Samsung menghapus fitur ini di Galaxy S9 dan S9 +. Jadi, Anda tidak sanggup menambahkan mode kamera ke layar Galaxy S9 Home lagi.

Related Posts