Motor ini sering mogok di jalan, ketika di periksa pengapian hilang, naah kebetulan tadi admin kum3n.com menemui nya.
History dari konsumen:
Saat itu si konsumen bilang kalau kemaren habis mengganti Aki alasannya yaitu aki yang usang sudah tidak ada arus nya alias tidak sanggup di buat double stater.
Dan ketika aki usang tersebut mengalami tanda-tanda ngedrop, ketika motor di buat jalan terasa nyendat-nyendat brebet mau mati.
Kesimpulan saya:
Dari klarifikasi si pemilik sanggup di pastikan ada yang tidak beres di sistem pengisian motor vario usang ini.
Pengecekan yang di lakukan:
Pertama saya hidupkan motor masih bisa, tapi ketika gas di tarik terasa brebet.
Kedua saya lepas aki dalam kondisi motor hidup, tetapi sesudah terlepas satu baut aki motor pribadi mati.
Tuuh kan beneran tidak beres di sistem pengisian nya "pikir saya".
Sebenarnya sesudah di lakukan kedua hal di atas sudah sanggup di pastikan 100% bahwa kiprok di motor ini yang rusak.
Di motor yang saya kerjakan, motor normal dan aki sanggup di gunakan lagi sesudah saya ganti kiprok baru.
Pengecekan Kiprok dengan cara lain.
Keterangan gambar:
W : putih pengisian dari spul
R : merah kabel arus dari aki.
G : kabel massa body.
Y : kabel penerangan dari spul.
Post Lain:
Warna kabel kiprok dan fungsinya.
Pengecekan sanggup memakai multimeter, soket lampu kota, ketika kabel di aliri arus maka lampu kota akan menyala.
Atau kalau memang terpaksa anda sanggup mengonsletkan kabep dengan body, tapi kalau sanggup jangan di lakukan.
1. Pastikan kabel putih dari spul sudah ada arus hingga di soket kiprok.
2. Lepas kabel aki. Kenapa kita lepas,? Agar sanggup memgetahui waktu mesin di selah-selah seharusnya ada arus yang mengalir di kabel merah. Apabila aki tidak kita lepas pastinya kabel merah tersebut sudah menerima arus dari aki.
3. Selanjutnya pastikan kabel merah di soket kiprok ada arus yang mengalir ketika mesin di hidupkan dengan kick stater.
Jika kabel merah tidak ada arus, 💯 % kiprok anda rusak, maka harus di ganti.
Tetapi kalau kabel merah ada arus, maka kiprok anda normal.
Nb: pengecekan harus melapas kabel aki.
Nah itulah sedikit pengalaman admin kum3n.com supaya bermanfaat.
Bingung dengan klarifikasi yang saya tulis? Tanyakan di komentar.
Terimakasih.
Sumber https://www.kum3n.com/
Related Posts
- Cara Merubah Kelistrikan Menjadi Fullwave Suzuki Shogun / SmashSebelum kita ke bahasan anda harus tau dulu apa itu fullwave, secara teori Fullwave yaitu sistem kelistrikan full DC dimana sistem kelistrikan pada m ...
- Sharing Pengunjung: Beat Fi Esp Sering Mogok, Indikator Mil Menyala 52Lagi lagi permasalahan trouble pada motor injeksi kita temui, kali ini ada seorang pengunjung blog mengirim pesan kepada aku lewat sosial whatshapp. ...
- Kumpulan Soal Teknik Dan Bisnis Sepeda MotorBerikut ini yaitu kumpulan soal-soal ujian UTS, UAS, dan Tryout, silahkan download dan review untuk memastikan soal sanggup diaplikasikan pada siswa ...
- Cara Pengecekan Pulser Di Sepeda MotorSebenarnya Saya gundah mau kasih judul apa pada postingan kali ini, ya pada dasarnya kita akan membahas cara menyidik kondisi pulser di sepeda motor. ...
- Service Yamaha Xeon Rc Ymjet Fi Yang Sering Mati SendiriAssalamu'alaikum sedulur. Cukup usang ya admin tidak update artikel di blog ini. Munkin ada 2 mingguan ya.? Apakah kalian merindukan saya? Hahaha. ...
- Fi System Punya Yamaha V-Ixion FI SYSTEM punya Yamaha V-xion 1. Pompa materi bakar/Fuel pump 2. Fuel injector 3. Ignition coil 4. Coolant temperature sensor5. ECU (engine control ...