Kenapa saya sebut sistem pendinginan, sebab perputaran air radiator ini berfungsi penyetabil suhu mesin semoga tidak over. Maka dari itu bagi motor yang memakai sistem pendingin air radiator ini di haruskan untuk melaksanakan pengecekan bersiklus pada air nya. Akan sangat merepotkan bahkan akan mengeluarkan banyak biaya kalau hingga air radiator ini kehabisan.
Akibat yang di timbulkan apabila air radiator habis
- Suhu mesin akan naik.
- Indikator suhu / coolant pada spedometer menyala.
- Mesin ambrol ex: seher macet sebab terlalu panas.
- Over head.
Nah kalau motor anda mengalami pencapaian suhu yang tidak normal seharusnya anda periksa kepingan berikut ini;
- Cek volume air radiator.
- Cek selang-selang radiator.
- Periksa box radiator apakah bocor.
- Periksa kepingan water pump apakah ada yang rembes.
Yang sering terjadi di sini biasanya kalau tidak air nya habis maka seal water pump bocor.
Di bawah ini yaitu cara mengganti seal mechanical / water pump vario 110 CW
Part apa saja yang harus di siapkan:
Seal water pump dengan instruksi part 19217-MAL-300.
Seal oli water pump dengan instruksi 91203-436-004 ukuran 12x24x5.
Untuk pergantian seal water pump anda harus membongkar blok kiri.
- Pertama lepas knalpot.
- Lepas box radiator dan selang-selang nya.
- Lepas magnet.
- Lepas tutup rantai water pump.
Setelah semua terlepas maka akan terlihat ibarat gambar di bawah ini.
Letak seal water pump berada di belakang kipas yang saya lingkari, maka lepas dahulu kipas tersebut.
Selanjutnya pukul as yang saya beri panah berikut.
Pukul as tersebut dengan tatakan kayu semoga drat tidak rusak.
Untuk melepaskan seal mekanical anda congkel dulu pinggiran seal dengan obeng min kecil.
Jika sudah di congkel anda balik dan pukul seal pelan-pelan hingga terlepas.
Oya sebelum anda pukul di sana terdapat seal kecil yang berfungsi sebagai pemisah antara oli dan air radiator. Lepas dahulu seal tersebut sebelum memukul seal keluar.
Untuk pemasangan yaitu kebalikan dari pelepasan, munkin akan lebih gampang kalau eksklusif mempraktekkan dari pada membaca artikel saya ini lur, maka jangan takut untuk melaksanakan pergantian seal mekanical ini.
Baca juga:
Tips pengecekan air radiator.
Semoga bermanfaat. Terimakasih.
Sumber https://www.kum3n.com/
Related Posts
- Trouble Yamaha Mio J Aki Ngedrop Dan Lampu Depan MatiSelamat malam dulur, jumpa lagi dengan orang desa ini yang sok-sok an menciptakan artikel perihal otomotif. 😂 Nah kali kita akan membuatkan pengala ...
- Cara Merubah Kelistrikan Menjadi Fullwave Suzuki Shogun / SmashSebelum kita ke bahasan anda harus tau dulu apa itu fullwave, secara teori Fullwave yaitu sistem kelistrikan full DC dimana sistem kelistrikan pada m ...
- Penjelasan Jalur Sistem Pengapian Honda Mega ProSelamat malam dulur, kali ini kita akan membahas sistem kelistrikan di motor Honda Mega pro ya lur, maaf nih kini kum3n.com jarang membahas Masalah d ...
- Diagram Sistem Pengapian Dan Penerangan Supra 100 SeriesSebenarnya sudah banyak yang membahas ihwal kelistrikan di motor supra series ini, berhubung ada salah satu pengunjung yang menginginkan pembahasan j ...
- Memperbaiki Bunyi Mesin Agresif Pada Pada Motor Vega RSelamat malam sedulur mekanik. Gimana hari ini? Tetap lancar kan lur..? Semoga selalu lancar ya. Pada kali ini kum3n ingin mengembangkan dongeng ya ...
- Menaikkan Voltase Kelistrikan Honda Win 6 Volt Menjadi 12 VoltSelamat malam sedulur, bagaimana hari ini bengkel rame tidak.? 😂 Semoga rame yak. Admin kum3n.com lagi banyak kerjaan motor renta nih, agak pusing ...