Ceritanya kemaren sebut saja mas budy, dia menggubungi contact aku dan bertanya wacana motor nya sesudah di buat jalan hingga rumah, kemudian motor mau di pakai lagi malah mogok.
Saat itu mas budy melaksanakan pengecekan bunga api di busi ternyata tidak ada,
Berikut ini yakni percakapan aku dengan mas budy via WA.
Mas budy : maaf mas mau nanya nih, motor beat FI aku hilang pengapian nya, sudah di cek kabel yang menuju koil ada apinya, tapi dari koil nya tidak ada, aku juga sudah mencoba mengganti coil tetapi tetap sama saja, apa ada kabel yang putus ya mas? Mohon tunjangan nya.
(Nah begitulah pesan yang di kirim ke saya, dari situ aku simpulkan bahwa coil normal, dan kabel hitam/putih yang memberi arus coil sudah ada.)
Saya : apa ada kedipan MiL kerusakan?
Mas budy : tidak ada, oya stater nya hidup tapi ga ada apinya dari coil mas.
Saya : beat fi usang apa beat fi esp? Ada multitester tidak?
Mas budy : beat fi usang mas 2013, multi ada mas.
Saya : kini lepas dua kabel sebelum coil itu, hitam/putih dan kuning/biru, kemudian probe merah multi ke hitam/putih, dan probe hitam ke kuning/biru. Pada skala 50vDC Gimana hasilnya?
Mas budy : tidak ada reaksi mas. Jarum multimeter membisu saja.
Saya : kini sambil di stater gimana hasil nya?
Mas budy : masih sama mas, jarum multi membisu saja.
Saya : "berpikir" kabel spul sudah di periksa mas?
Mas budy : sudah mas, yang 2 ada arusnya, yang pulser tidak ada.
Saya : tarik kabel spul, buka dulu tali nya, tarik agak keras.
Mas budy : iya mas putus, kini api dari coil sudah ada. Dari tiga kabel putus dua.
Saya : kini rapikan kemudian hidupkan.
Mas budy : ok mas sudah beres, suwun...
Baca juga:
Video pengecekan dan hasilnya:
Pembahasan Chat di atas:
Kenapa aku menyuruh mengusut kabel sebelum coil (hitam/putih - kuning/biru) ?
Karena kalau ketika multitester di colokan ke dua kabel tersebut kemudian kontak posisi on ada arus yang terbaca, maka dapat di pastikan ECM konslet.
Dan kalau ketika di stater seharusnya ada arus yang terbaca posisi multitester di kabel hitam/putih dan kuning/biru maka ECM normal.
Sebaliknya kalau ketika di stater tidak ada arus, ada beberapa kemungkinan, kabel putus, ecm rusak, pulser rusak.
Dan yang terjadi di Beat FI 2013 di atas yakni 3 kabel dari spul/stator putus dua buah ketika di tarik. Memang itu sering terjadi di motor beat yang versi ini. Penyebabnya alasannya yakni tali terlalu kencang.
Nah aku rasa cukup hingga di sini pembahasan kita wacana pengalaman sobat aku mengatasi pengapian hilang di beat Fi.
Semoga bermanfaat terimakasih.
Sumber https://www.kum3n.com/
Related Posts
- Perhatian!! Jangan Asal Pasang Coil Di Motor Injeksi HondaSalah satu penyebab terjadinya konsleting di motor injeksi yakni rusak nya coil, kalau anda menemui kerusakan pada part ini maka jangan anda coba-cob ...
- Jalur Kabel Pengapian Yamaha Vega NewAssalamualaikum wr.wb. Selamat malam, jumpa lagi dengan saya, yang pastinya akan membahas perihal teknik sepeda motor pastinya. Pada kesempatan ini ...
- Service Yamaha Xeon Rc Ymjet Fi Yang Sering Mati SendiriAssalamu'alaikum sedulur. Cukup usang ya admin tidak update artikel di blog ini. Munkin ada 2 mingguan ya.? Apakah kalian merindukan saya? Hahaha. ...
- Trouble Pgm Fi, Efek Aki Ngedrop Pada Motor InjeksiHai gaes, jumpa lagi dengan aku admin kum3n.com yang lagi kagak yummy tubuh 😂😭. Swmoga kalian sehat semua yak. Aamiin. Ok pada malam ini kita akan ...
- Mengatasi Kedipan Mil 11 Pada Motor Injeksi HondaSelamat malam sedulur, Kali ini kita akan membagikan hasil sharing dari sobat bengkel saya yang mengalami trouble pada motor honda Injeksi. Trouble ...
- Diagram Sistem Pengapian Dan Penerangan Supra 100 SeriesSebenarnya sudah banyak yang membahas ihwal kelistrikan di motor supra series ini, berhubung ada salah satu pengunjung yang menginginkan pembahasan j ...