Rangkaian Sistem Pengapian Dan Penerangan Kawasaki Kaze - Brosense Rangkaian Sistem Pengapian Dan Penerangan Kawasaki Kaze | Brosense

Rangkaian Sistem Pengapian Dan Penerangan Kawasaki Kaze

Selamat malam sedulur, bagaimana nih kerjaan nya? Lancar kan...
Bengkel aku lagi banyak rosokan nih, bikin pusing lur 😂.

Kali ini kum3n.com akan membuatkan catatan cara pengecekan pengapian di motor kawasaki kaze.

Sebelum nya aku informasikan dulu bahwa pengapian di motor kaze menggunakan sistem AC, sanggup di bilang hampir sama dengan motor supra 100 series.

Saya juga pernah membahas pemakaian cdi cd kepunyaan suzuki shogun di motor kawasaki kaze.

Baca selengkapnya:
Pemakaian Cdi suzuki shogun untuk motor kawasaki kaze.

Ok berikut ini ialah jalur pengapian di kawasaki kaze.


Kita mulai membaca jalur dari spul nya.


Di spul terdapat 4 kabel.
Bl/R "hitam/merah" = kabel pengapian dari spul menuju CDI.
Bu/Y "biru/kuning" = kabel pulser dari spul menuju CDI.
Y "kuning" = kabel penerangan menuju kiprok.
W/R "putih/merah" = kabel pengisian dari spul menuju kiprok.

Untuk mudah nya pengecekan pengapian anda sanggup mengonsletkan kabel hitam/merah dari spul ke body/massa,jika ketika di selah-selah kabel tersebut ada percikan api, maka sanggup di katakan spul normal.

Cara investigasi pengisian juga sama, konsletkan kabel putih ke body sambil di selah, bila kabel putih nya ada percikan api makan spul pengisian normal.

Begitu pula dengan penerangan, konsletkan kabel kuning ke body bila kabel tersebut ada percikan api maka spul penerangan juga normal.

Nah itu warna kabel dari spul dan jalur nya di motor kaze.

Selanjutnya.

Kabel soket CDI di motor kawasaki Kaze.

Biar lebih gampang berikut ini ialah gambarnya.


Bl/R "hitam/merah" = kabel pengapian dari spul.
Bl/W "hitam/putih" = kabel ini menuju kunci kontak.
Bl/Y "hitam/kuning" = kabel ini berfungsi sebagai massa CDi
Bu/Y "biru/kuning" = kabel pukser dari spul.
R/Bl "merah/hitam" = kabel output CDI menuju Koil.

Untuk pengecekan normal tidak nya CDI lebih baik anda lepas dahulu kabel yang menuju kontak, kemudian anda konsletkan kabel merah/hitam menuju coil ke body, bila cdi normal maka akan ada api besar yang keluar. Biasanya akan berbunyi "pletak-pletak".

Selanjutnya untuk koil alasannya ialah cuma ada 2 kabel, yaitu kabel R/Bl dari cdi dan kabel hitam/merah sebagai masa.

Untuk pengecekan koil, kalau dari koil tidak mengeluarkan api, tetapi bila semua jalur hingga output CDI sanggup di bilang koil anda rusak.

Kabel soket kiprok di kawasaki kaze.


Y "kuning" = arus penerangan dari spul
W "putih" = arus 12 v.
Bl/Y "hitam/kuning" = kabel massa.
W/R "putih/merah" = arus pengisian dari spul.

Untuk warna kabel kiprok motor lain. Baca artikel berikut:
Warna kabel soket kiprok dan fungsinya.

Akhirnya aku rasa cukup hingga di sini dulu, bila ada yang membingungkan atau ada yang di tanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Semoga bermanfaat. Terimakasih.
Sumber https://www.kum3n.com/

Related Posts