Saya akan sedikit mengembangkan pengalaman yang pernah aku alami dan itu sangat menciptakan aku bingung, di ketika aku menerima pasien sepeda motor HONDA BEAT FI yang error pada potongan lampu depannya atau lampu utamanya.
Sebenernya permasalahannya hanya sepele tapi menciptakan para rekan mekanik aku juga ikut mencicipi kebingungan, pada ketika pemilik motor mengeluhkan atas motornya itu karna aki motornya mati, dan apabila motor injeksi jikalau aki mati niscaya motor tidak sanggup dihidupkan, yasudah terpaksa beliau harus mengganti akinya yang mati dengan aki yang baru, dan sehabis di ganti aki gres alhasil motor sanggup di hidupkan lagi, tapi ada yang janggal karna lampu pada potongan depan ketika kunci di on kan lampu pribadi menyala karna motor HONDA BEAT FI tidak ada saklar untuk on/off lampunya.
Walaupun tidak ada saklar on/off untuk lampu depannya seharusnya nyala lampu ketika mesin dihidupkan saja dan jikalau mesin mati lampu juga akan ikut mati walaupun kunci kontak masih pada posisi on.
Karna lampu motor beat ini arus lampunya bersumber dari spull bukan dari aki menyerupai motor - yang sudah fullwave, itulah penyebabnya mengapa aki datang - datang mati dan menciptakan motor tidak sanggup hidup, dan jikalau di biarkan begitu saja mungkin aki gres yang di pasang tidak akan hingga satu hari sudah mati lagi karna lampu depan motor yang menyala terus dan mengambil setrum dari aki.
Langsung saja kami bongkar saja itu body motor dari potongan depan hingga potongan jok
dan kami mulai mencari permasalahannya satu persatu dari mengecek kiprok dan mengecek kabel - kabel yang lain dari potongan depan potongan kepala hingga kabel yang menuju ke kiprok dan hasilnya pun masih sama saja.
Kemudian aku lepas soket putih dari kelistrikan yang menuju ke speedo meter dan aku nyalakan kunci kontak kemudian aku tespen kabel yang berwarna kuning, karna kabel kuning merupakan kabel lampu utamanya yang dari kiprok ternyata lampu tespen tidak nyala, kemudian aku pasang lagi soketnya dan aku tespen lagi ternyata lampu tespen menyala, dari problem tersebut pribadi ada kesimpulan bahwa kabel kuning yang untuk lampu utamanya ada yang melekat ke kabel positif (+) dari aki, dan untuk kabel positif dari aki yang menuju ke batok kepala yaitu berwarna hitam strip merah tua.
Dan permasalahan mungkin terletak pada kabel potongan kepala, pribadi saja aku copotin satu persatu soket yang ada pada batok kepala dari soket stater, sein, klakson, dan soket switch rem kanan dan kiri, kemudian aku nyalakan lagi kunci kontak ke posisi on dan tespen tetap menancap pada soket putih di kabel kuning dan ternyata lampu tespen tidak menyala, aku hidupkan mesin motor gres lampu tespen mau menyala karna ini dalam keadaan normal sesuai mekanisme bahwa kabel kuning arus listriknya dari kiprok.
Setelah itu aku matikan mesin motor dan aku on kan kunci kontak lampu tespen tidak menyala, sehabis itu aku tancapkan soket yang ada di batok kepala satu persatu dan ada yang aneh ketika aku menancapkan soket switch rem sebelah kiri ternyata lampu tespen menyala, wah wah wah . . . .
dan rekan aku bilang mungkin konslet pada potongan belakang, sehabis itu aku pribadi copot fiting bersama bohlam stop belakang dan terlihat bahwa bohlam sudah gosong dan aku cermati ternyata filamen kawat yang ada didalam bohlam antara lampu seri dan lampu rem saling menempel, tidak berfikir panjang lagi aku pribadi lepas bohlam stop tadi dari fittingnya dan lampu tespen tadi ikut mati disaat aku cabut bohlam stopnya trus aku ganti dengan bohlam stop dengan yang baru, sehabis bohlam stop terpasang lampu tespen tadi mati tetepi lampu remnya menyala padahal handel rem tidak di tarik dan aku lepas soket switch rem kiri lampu rem ikut mati, kemudian aku ganti dengan swich rem yang gres dan lampu rem menyala apabila handel rem di tarik berarti itu sudah dalam keadaan normal.
Setelah itu aku hidupkan mesin lampu tespen menyala mengikuti putaran mesin dan ketika mesin di matikan walaupun kunci kontak di on kan tespen tidak menyala karna kabel kuning tadi hanya ada arus listriknya ketika mesin sedang hidup, dan apabila mesin mati kabel kuning tadi tidak ada arus listriknya, nah itu gres yang di namakan normal tidak menyerupai tadi ketika kunci kontak on kabel kuning sudah ada arus listriknya meskipun mesin belum dihidupkan, dan balasannya permasalahannya pun terselesaikan.
Baca Juga : Warna Kabel Semua Motor
Dari kesimpulan di atas bahwa :
1. Mesin injeksi tidak sanggup dihidupkan karna aki mati atau soak.
2. Aki mati lantaran lampu depan sumber arusnya dari aki bukan dari spull atau kiprok.
3. Nyala lampu depan sebelum mesin hidup dan bersumber dari arus aki disebabkan karna kabel yang berwarna kuning tersambung oleh arus positif (+) aki akhir menempelnya filamen bohlam stop antara filamen lampu seri dan filamen lampu rem, diikuti dengan rusaknya switch rem yang selalu menyambung walaupun handel rem tidak di tarik.
Related Posts
- Membuat Suara Klakson Putus - Putus Pakai RelayBerbagi ilmu itu indah dan akan menerima banyak pahala, kali ini aku akan membagikan sebuah trik cara menciptakan suara klakson putus -putus tentunya ...
- Meringkas Kabel Motor Shogun 110 Dan Shogun 125Pada kesempatan kali ini aku akan membahas wacana cara meringkas kabel untuk sepeda motor shogun 110 dan shogun 125, agar jadi terlihat lebih rapih. ...
- Lampu Motor Sering PutusPernahkan anda memiliki duduk perkara pada motor kesayangan anda dimana lampu motor anda sering banget putus, padahal gres di ganti beberapa hari saj ...
- Meringkas Kabel MotorMeringkas atau sama halnya dengan menciptakan mudah kabel instalasi motor sangat lah gampang bagi orang yang sudah hebat di dunia kabel bodi sepeda m ...
- Perbaiki Lampu Sein MotorFungsi lampu sein motor yakni lampu tanda belok ketika kita para penunggang motor mau belok ke kanan maupun kekiri. Jika lampu sein motor anda eror ...
- Lampu Sein Motor Tidak Berkedip Atau MatiSemua sepeda motor pada umumnya memiliki Lampu Sein di mana lampu itu dipakai disaat kita penunggang kendaraan bermotor akan belok, ini berfungsi seb ...