Lampu motor tentunya sangat penting jikalau untuk berkendara di malam hari fungsinya selain untuk penerangan juga untuk keselamatan kita, gimana akibatnya jikalau kita berkendara malam hari tidak memakai lampu, pastinya kita akan merasa gundah untuk menentukan jalan yang cantik untuk kita lewati apa lagi pada ketika melewati jalan berlubang dan bergelombang.
Selain di gunakan pada malam hari lampu utama motor untuk melewati jalan raya pastinya harus dihidupkan, hal ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kecelakaan para pengguna jalan raya, maka dari itu sepeda motor keluaran terbaru untuk lampu utama sudah tidak di lengkapi dengan saklar on/off lagi.
Untuk mengatasi duduk perkara lampu sering putus sebaiknya anda lihat kualitas lampu yang anda gunakan, apakah lampu tersebut cantik atau tidak.
Cek juga watt lampu tersebut, jikalau pada sepeda motor yang memakai dua bohlam lampu maka sebaiknya di pasang lampu 12volt/18 atau 25watt, dan jikalau motor anda hanya memakai satu bohlam lampu sebaiknya di pasang 12volt/25watt ke atas.
Apabila motor yang memakai 2 bohlam lampu diberi daya bohlam 12volt/35watt x dua bohlam maka penerangan akan menjadi redup, itu dikarenakan watt yang terlalu besar untuk dua buah lampu yang terpasang di sepeda motor anda.
dan apabila sepeda motor yang memakai satu bohlam lampu diberi daya 12volt/18watt ini akan menciptakan lampu tersebut cepat putus dikarenakan arus yang keluar dari spull motor lebih besar dari pada daya bohlam lampu tersebut.
tetapi apabila diberi daya 12volt/35watt ini akan menciptakan penerangan motor semakin terperinci tetapi reflektor motor akan meleleh akhir panas berlebih yang di keluarkan oleh bohlam lampu tersebut.
Penyebab lampu motor sering putus juga dapat di sebabkan lantaran kiprok motor yang sudah rusak, apabila kiprok rusak arus yang keluar dari spull motor jadi membesar mengikuti putaran mesin.
Maka dari itu kiprok sangat penting untuk sepeda motor karna fungsinya yaitu untuk menstabilkan arus lisrik yang keluar dari spull motor, selain untuk menstabilkan arus listrik kiprok juga berfungsi sebagai penyearah arus dari spull motor dari yang tadinya keluar dari spull itu arus AC (bolak - balik) maka sesudah keluar dari kiprok akan berkembang menjadi arus DC (searah), dan nantinya arus DC itu akan dipakai untuk mengecas aki sepeda motor.
Untuk memastikan kondisi kiprok dalam keadaan baik atau tidak coba anda hidupkan sepeda motor anda kemudian perhatikan nyala lampu pada ketika di rpm bawah dan perharikan juga pada ketika rpm tinggi.
Jika pada ketika rpm tinggi nyala lampu menjadi terperinci benderang tudak menyerupai pada umumnya sudah di pastikan kiprok motor tersebut sudah mulai mati, dan jikalau dibiarkan terus di gas di rpm tinggi niscaya lampu tersebut akan putus, itu di karenakan kiprok sudah tidak bekerja secara maksimal jadi nyala lampu motor akan menjadi terperinci dan terus menerang apabila gas semakin di putar ke rpm tinggi.
Dan untuk kiprok yang masih baik yaitu ketika motor di gas pada rpm sedang ataupun tinggi nyala lampu masih sama dan tidak terus menerang mengikuti putaran mesin.