Cara Merubah Kelistrikan Menjadi Fullwave Suzuki Shogun / Smash - Brosense Cara Merubah Kelistrikan Menjadi Fullwave Suzuki Shogun / Smash | Brosense

Cara Merubah Kelistrikan Menjadi Fullwave Suzuki Shogun / Smash

Sebelum kita ke bahasan anda harus tau dulu apa itu fullwave, secara teori Fullwave yaitu sistem kelistrikan full DC dimana sistem kelistrikan pada motor didukung oleh accu, fullwave akan menimbulkan fungsi spul menjadi full pengisian.

Kelebihan merubah sistem menjadi Fullwave :


- pengisian aki lebih cepat dan besar ketimbang sistem Halfwave(HW). Ya iya lah 2 di sini akan merubah fungsi semua kabel dari spul menjadi pengisian.
- Fullwave menciptakan kelistrikan lebih stabil
- sistem ini Cocok dipakai untuk kendaraan yang memakan banyak daya untuk variasi semacam Lampu HID, klakson keong / kapal dan lain-lain yang butuh daya besar.

Kekurangan sistem fullwave :


- Untuk menjamin kualitas dipakai regulator/kirpok ori yang berkualitas tentu agak mahal, sanggup anda gunakan kiprok tiger / megapro.

Selanjutnya ada 2 syarat merubah sistem Halwave menjadi fullwave.


1. Kawat kumparan stator (spul) pada alternator dihentikan ada yang terhubung ke ground/massa. Jadi, semua ujung kawat kumparan (output) Harus Terpasang pribadi ke Regulator sebagai input arus AC.

Padahal Pada kebanyakan motor bebek/matik dengan sistem kelistrikan halfwave, salah satu output stator terhubung ke ground. baik secara pribadi atau melalui kabel ground.

2. Menggunakan regulator yang memang didesain untuk mengkonversikan listrik AC ke DC secara fullwave. Anda ibarat yang sudah saya sebut di atas,anda sanggup memakai kiprok milik honda tiger semoga lebih maximal.

Nah berikut ini yaitu cara merubah sistem halwave suzuki shogun / smash menjadi sistem fullwave.

Pertama bongkar dahulu blok magnet kemudian lepaskan spul "stator". Di sana akan terdapat 2 kabel di kumparan spul nya yaitu Y/W (kuning/putih) dan W/R (putih/merah). Agar lebih terang akan saya beri gambaran.


Keterangan gambar.
Spul/stator.
No 1: kabel groud spul /stator.
No 2: kabel lampu y/w.
No 3: kabel pengisian.

Kiprok.
A. 12v aki.
B. Arus stelah kontak On.
C. Massa body.
D. Input dari spul.
E. Nol
F. Input dari spul.

Di motor shogun kabel massa terhubung pribadi pada kumparan, lihat bab yang saya tunjuk panah ( no 1). Lepas kabel tersebut semoga tidak ada ground di sana. Nah kabel yang kita lepas ini akan kita fungsikan menjadi input AC ke regulator.

Lepas solderan kabel Y/W yang berfungsi sebagai kabel lampu (panah no 2), kita sanggup memanfaatkan kabel yang di lepas ini dengan menyambungkan nya ke kabel ground (panah no 1) yang kita lepas tadi.

Intinya kita lepas kabel ground dan penerangan di spul kemudian memanfaatkan kabel penerangan tadi sebagai kabel input ke regulator dengan menyambungkan nya ke kabel groud tadi.

Jika semua sudah di lakukan tinggal kita sambungkan kabel-kabel dari spul tadi ke regulator.

Pin A sambungkan dengan kabel merah dari arus dari aki.
Pin B sambungkan dengan kabel Orange. "kabel beban sesudah kontak On".
Pin C kabel massa body.
Pin D arus inpul dari spul Putih/Merah.
Pin E kosong.
Pin F arus input dari spul yang kita hubungkan tadi, kuning/putih.

Setelah semua terpasang pastikan tidak ada kabel yang short semoga tidak terjadi konsleting dengan membungkus sambungan kabel.

Nah itulah cara merubah sistem halwave ke fullwave di motor suzuki shogun dan smash.

Semoga bermanfaat. Terimakasih.


Sumber https://www.kum3n.com/

Related Posts