Sepeda motor secara umum sama menyerupai sepeda biasa, tetapi sepeda motor memakai tenaga mesin lho untuk menghasilkan power memutar bannya. Energi tersebut didapatkan dari pembakaran bensin dan udara lalu di pindahkan ke roda dan ban.
Agar sepeda motor sanggup mendaki sebuah tanjakan atau menambah kecepatan dari 10-70 km/jam maka sepeda motor memerlukan prosedur transmisi yang isinya yaitu roda gigi yang dipakai untuk merubah torsi sesuai dengan kondisi jalan. Bagi para calon mekanik, kalian wajib tahu apa saja jenis-jenis gear yang ada di dunia.
SPUR GEAR, ini yaitu roda gigi yang paling banyak dipakai pada transmisi sepeda motor. Coba perhatikan bentuk giginya yaitu berbentuk lurus. Transmisi sepeda motor terdiri dari banyak sekali ukuran spur gear yang dirangkai dengan konfigurasi tertentu yang ditempatkan pada mainshaft dan countershaft.
HELICAL GEAR, ini yaitu roda gigi yang bentuk giginya miring 15-30 derajat. Biasa dipakai untuk kecepatan >3500 RPM. Harganya lebih mahal lho.
BEVEL GEAR, ini yaitu roda gigi yang sanggup memindahkan tenaga dari dua buah poros yang tidak sejajar, menyerupai vertikal dan horisontal.
WORM & WORM GEAR, ini sanggup dipakai untuk mengurangi putaran input, misalnya di aplikasikan pada kemudi mobil. Bagaimana pengaruhnya? Perhatikan bagaimana putaran kemudi/setir dan sudut roda depan mobil. Sumber http://code-m2.blogspot.com/
