Cara Menciptakan Casan/Charger Aki Motor Pakai Kiprok - Brosense Cara Menciptakan Casan/Charger Aki Motor Pakai Kiprok | Brosense

Cara Menciptakan Casan/Charger Aki Motor Pakai Kiprok

Cara menciptakan casan atau charger aki motor memakai kiprok, dioda dan trafo 3 atau 5 ampere sangatlah mudah.
Casan aki ini terbilang cukup sederhana dikarenakan kita memakai materi yang gampang dicari di sekitar kita.

Akan tetapi anda harus mengetahui dahulu arti pin kiprok yang ingin anda gunakan untuk menciptakan charger aki tersebut sebab pada setiap kiprok mempunyai pin yang berbeda - beda fungsinya, baik itu kiprok motor yamaha, honda, suzuki Atau yang lainnya.

Baca Juga : Arti Pin Kiprok Motor

Kita juga harus berhati - hati untuk membuatnya kalau kita salah maka akan merusak komponen tersebut dan tentunya juga kita akan memakai listrik PLN yang ada di rumah kita.
Untuk langkah pengerjaanya kita mulai saja dari trafo yang sudah kita siapkan,
Kali ini kita akan memakai trafo 3 ampere dan kiprok motor yamaha. 

Saya akan membahas dua buah charger dengan memakai trafo yang berbeda yaitu trafo CT dan trafo non CT atau trafo NOL (0), dan dibawah ini aku sudah siapkan wirring charger aki otomatis memakai trafo 3 ampere, kiprok, dan dioda, dimana fungsi dioda yakni sebagai penyearah yang merubah arus bolak - balik (AC) menjadi arus searah (DC).

 Rangkaian charger memakai trafo CT

 Rangkaian charger memakai trafo non CT atau travo NOL (0)

Pada gambar di atas yakni bagan pemasangan casan atau charger aki yang memakai kiprok sepeda motor, kita memakai trafo 3 ampere dan memakai output dari trafo yang menuju ke kiprok sebesar 18 volt, dan itu masih arus bolak - balik (AC), sesudah kita tambahkan dioda maka arus yang tadinya bolak - balik (AC) maka akan berkembang menjadi arus searah (DC). dan arus tersebut akan setabil di tegangan searah (DCkurang lebih 13 - 14 volt  pada output kiproknya.

Kiprok ini bersifat charger otomatis sebab sesudah aki tersebut penuh maka kiprok ini akan berhenti dalam pengisian atau pengecasannya, pada dikala pengisian kiprok ini akan menjadi hangat karna pada dikala itu kiprok masih bekerja untuk pengisian aki, tetapi sesudah Aki penuh  maka kiprok akan menjadi cuek di karenakan kiprok sudah tidak melaksanakan pengisian terhadap aki, dan yang paling penting beri pendingin pada komponen charger tersebut memakai kipas kecil semoga suhu komponen sanggup terjaga dan tidak terjadi panas yang berlebih pada dikala charger tersebut dipakai selama berjam - jam.

Mungkin itu sedikit klarifikasi dari aku perihal pembuatan atau perakitan charger aki otomatis yang memakai sebuah kiprok sepeda motor, kalau masih ada yang resah silahkan bertannya.

Related Posts