Inilah Efek Jawaban Telat Mengganti Oli Mesin Di Motor Mega Pro - Brosense Inilah Efek Jawaban Telat Mengganti Oli Mesin Di Motor Mega Pro | Brosense

Inilah Efek Jawaban Telat Mengganti Oli Mesin Di Motor Mega Pro

Selamat malam sedulur, salam sukses bagi kita semua. 🙏

Pada kali ini kita akan membahas efek bagi mesin yang telat melaksanakan pergantian Oli, sedulur niscaya tahu bukan bahwa Oli wajib di lakukan pergantian secara periodik, kalau tidak akan berakibat fatal dan merusak komponen mesin.

Biasanya saya memberitahukan kepada konsumen untuk mengganti oli mesin setiap ± 3000km. Agar kondisi mesin tetap prima dan terhindar dari kerusakan, perlu anda ketahui kalau mesin sudah tidak beres dan di lakukan pembongkaran biasanya akan membengkakan biaya, lantaran komponen di dalam mesin saling berkaitan.

Di artikel ini saya akan mengatakan kerusakan mesin di motor mega pro yang di sebabkan telat melaksanakan pergantian oli.


Untuk pembongkaran mesin di motor mega pro ini anda harus menurunkan satu paket mesin, walaupun yang anda lakukan pergantian hanya pada cuilan head saja, kecuali anda hanya membongkar cuilan kanan dan kiri mesin tidak perlu melaksanakan turun mesin menyerupai gambar di atas.

Berikut saya tunjukkan Video kerusakan mesin nya:


Di motor mega pro ini Seher nya blong, artinya diameter buring melebar tetapi kondisi seher / piston sebetulnya tidak luka, walaupun begitu saya ambil kondusif nya saja, jadi tetap saya ganti.

Di motor mega pro tersebut juga terjadi ke ausan pada noken As dan templar nya, tanggapan tidak ada oli yang melumasi ketika mesin hidup, jadi kondisi part tersebut tergores beberapa mili.

Dan satu lagi, kalau anda melaksanakan pembongkaran mesin harus di periksa juga kondisi Bis/peluncur klep, di sini saya menemukan kelonggaran yang sanggup menimbulkan oli rembes ke ruang bakar dan artinya oli pun akan sanggup berkurang.

Saat anda membongkar mesin lebih baik ganti juga perpak / paking nya, jangan cuma di lem "therebone", masa iya motor habis bongkar terlihat bekas lem-leman, sangat tidak lezat di pandang lur, akan lebih rapi kalau di ganti saja.

Untuk pemasangan ring seher juga harus zig-zag, lihat video berikut.


Ring seher ada 5 biji. Di bagi menjadi 3 tingkat.

Paling atas di sebut ring kompresi 1, umumnya berwarna putih higienis dan ketika di raba cuilan samping nya tidak tajam, ketika memasang anda juga harus memperhatihan angka yang terdapat pada ring menghadap ke atas. Lebih jelasnya lihat video.

Ring tengah di sebut juga ring kompresi 2, perbedaan nya fisik di ring ini biasanya berwarna hitam, dan ketika kita raba cuilan samping terasa tajam.

Ring bawah ada 3 buang, 1 ring cacing dan dua ring tipis, ketika memasang juga harus posisi zig zag.

Selanjutnya lantaran di motor mega pro ini kondisi mesin sangat koprot alias oli nya rembes dari seal-seal, diantaranya seal Rpm, seal tuas kopling, seal gear, seal stater dan seal persneleng, maka saya ganti sekalian semoga nantinya terlihat bersih.

Yang agak sulit mungkin untuk mengganti seal RPM dan seal tuas kopling, lantaran kita harus membongkar blok kanan.

Video cara ganti seal RPM mega pro.


Untuk mengganti seal tuas kopling anda harus melepas dahulu tuasnya, menyerupai gambar berikut:


Baca juga:

Karena ketika konsumen memasrahkan pekerjaan ini sudah pesan kalau di benerin juga staternya, dan ketika di periksa ternyata double tidak fungsi di akibatkan colbuster yang habis, maka saya ganti saja.


Setelah semua beres di kerjakan saya pasang kembali mesin ke rangka, dan taraaa,... Alhamdulillah tidak ada masalah.

Nah itulah catatan saya mengatasi kerusakan mesin di motor mega pro yang di sebabkan telat melaksanakan pergantian Oli.

Cukup sekian dan terimakasih.
Sumber https://www.kum3n.com/

Related Posts

Matikan AdBlock

Agar blog Ini tetap berjalan, matikan AdBlock atau masukkan blog ini ke dalam whitelist.
Terima kasih.