Catatan Kelistrikan Honda C70 Platina Yang Menggunakan Cdi Suzuki Rc - Brosense Catatan Kelistrikan Honda C70 Platina Yang Menggunakan Cdi Suzuki Rc | Brosense

Catatan Kelistrikan Honda C70 Platina Yang Menggunakan Cdi Suzuki Rc

Salah satu syarat Sepeda motor akan dapat hidup bila sistem pengapian normal, selain itu juga harus ada kompresi dan materi bakar.

Ngomong-ngomong soal pengapian, kemaren saya ada pasien motor C70 yang sudah di rombak pengapian nya menggunakan CDI suzuki RC.

Sebenarnya ketika melihat jalur pengapian nya saya jadi bingung. Nah loh kok bingung? Ya galau lah, spul masih bawaan tanpa adanya pulser, yaitu masih menggunakan platina. Lha tapi ini kok di pasang CDI.

Setelah itu saya coba cari isu sama teman bengkel. Memang pengapian c70 platina dapat di ganti dengan CDI Suzuki RC tanpa membongkar spul, alasan nya pengapian CDI rc tipe tanpa pulser.

Di artikel ini saya akan membuatkan jalur kabel di motor c70 yang menggunakan cdi RC kemaren.
Berikut ini yaitu diagramnya.



Bisa di lihat rangkaian nya lur.
Dari spul bekerjsama ada 3 kabel tapi kita ambil 2 saja yaitu;

Putih / W sambungkan ke input CDI suzuki RC, kalau yang dari CDI warnanya hitam/merah "Bl/R".

Kuning "Y" kabel dari spul menuju kiprok untuk lampu.

Biru/putih "Bu/W" kabel output dari CDI menuju Coil.

Hitam/Putih "Bl/W" kabel massa CDI.

Hijau "G" kabel massa body.

Ya walaupun ketika kita rangkai ibarat itu motor dapat menyala tetapi pengapian tidak dapat maksimal. Namanya juga tanpa pulser, jadi timing pengapian nya kurang pas berdasarkan saya.

Oya di perkara yang saya temui kemaren troubelnya pengapian ada tapi sangat kecil. Penanganan yang saya lakukan yaitu mengganti CDI nya dengan yang baru.


Akhirnya saya rasa cukup hingga di sini, kalau membingungkan dapat tinggalkan komentar.

Semoga bermanfaat. Terimakasih.
Sumber https://www.kum3n.com/

Related Posts