Mengenal Tipe Data List Pada Python - Berguru Dasar Python - Brosense Mengenal Tipe Data List Pada Python - Berguru Dasar Python | Brosense

Mengenal Tipe Data List Pada Python - Berguru Dasar Python

List merupakan salah satu tipe data dasar yang wajib kita pahami sebelum kita mengerjakan aplikasi/program. Dulu pada dikala aku pertama kali berguru programming aku pribadi menciptakan aplikasi dengan cara googling dan copy paste dari blog orang lain, Akan tetapi kalau aplikasi ingin aku modifikasi terjadi kebingungan yang mendalam melihat kode-kode tersebut, itu dikarenakan pondasi programming belum kita kuasai dengan penuh, sehingga kalau terjadi error maka kita akan galau memperbaikinya. Jika ingin menguasai Bahasa programming python maka list wajib Anda pahami sebelum memulai mengerjakan aplikasi.


List Python

List yaitu salah satu tipe data pada python yang sanggup menampung banyak nilai dan nilai tersebut sanggup beragam. List berbeda dengan array, array sanggup menampung banyak nilai dengan tipe data yang sama.

Didalam list kita sanggup mengisi nilai dengan tipe data string, integer, float, Boolean, tuple, dictionary bahkan list sanggup diisi dengan list juga (bersarang). Bagi yang sudah memahami bahasa pemrograman lain list mempunyai cara kerja yang hampir sama dengan array numerik yang membedakan yaitu isi dari list itu sendiri.


Membuat List di Python

Cara menciptakan list pada python cukup mudah, list diapit oleh tanda kurung siku [], ibarat biasa hukum dalam bahasa python tetap tidak berubah, kalau string didalam list maka string harus diber tanda kutip
Jika isi list lebih dari satu maka dipisahkan dengan tanda koma.

#list dengan data tunggal bertipe data integer  >>> listSaya = [1]  >>> print(listSaya)  [1]    #list dengan data tunggal bertipe data string  >>> listSaya = ["python"]  >>> print(listSaya)  ['python']  

Diatas yaitu pola sederhana cara menciptakan list, kalau kita hanya menyimpan satu data kedalam variabel kenapa harus memakai list? bukankah kita sanggup pribadi menulis nilainya tanpa tanda [] ?

ibarat aku katakan sebelumnya bahwa list sanggup menampung banyak nilai dalam sebuah variabel dan list sanggup ditambahkan nilainya serta dihapus nilainya sesuai impian kita.

#list dengan banyak item integer  >>> listSaya = [1,2,3,4,5,6]  >>> print(listSaya)  [1, 2, 3, 4, 5, 6]    #list dengan banyak item string  >>> listSaya = ['a','b','c','d','e']  >>> print(listSaya)  ['a', 'b', 'c', 'd', 'e']  


Cara Menggabungkan Tipe Data kedalam List

Tidak ibarat bahasa pemrograman lainnya array tidak diizinkan untuk diisi tipe data yang berbeda, pada python kita sanggup menggabungan jenis tipe data berbeda dengan list

#list dengan penggabungan tipe data  >>> listSaya = [1,2,'a',3,'halo',True,3.14]  >>> print(listSaya)  [1, 2, 'a', 3, 'halo', True, 3.14]  

Kode diatas yaitu list dengan banyak item, bahkan list sanggup melaksanakan penggabungan dari beberapa jenis tipe data :
  • 1,2,3 yaitu tipe data integer
  • 'a','halo' yaitu tipe data string
  • True yaitu tipe data Boolean
  • 3.14 yaitu tipe data float atau decimal


Cara Mengambil Nilai didalam List

Nantinya didalam perkara menciptakan aplikasi atau program, terkadang kita akan membutuhkan nilai didalam list tidak semua hanya beberapa saja.

Kita sanggup mengambil nilai list dengan index, index disini serupa pada bahasan kita perihal string yaitu index selalu dimulai dari nol.

Misalnya kita mempunyai list dengan data kuda, monyet, ikan, kucing, ayam. Jika kita ingin mengeluarkan atau output hanya ayam kita sanggup memakai indexnya.

Ingat index dimulai dari nol, Python juga sanggup memulai dari tamat list yang dimulai dari negative satu. 
Bayangkan kalau list berisi data puluhan atau ratusan bagaimana kalau mengambil data kedua terakhir? tentu sangat merepotkan kalau kita menghitung jumlah index. jawabannya kita sanggup memakai -2.


>>> binatang = ['kuda','monyet','ikan','kucing','ayam']  >>> print(hewan)  ['kuda', 'monyet', 'ikan', 'kucing', 'ayam']  >>> print(hewan[0])  kuda  >>> print(hewan[4])  ayam  >>> print(hewan[-1])  ayam  

Cara Mengambil Nilai SubList

Jika Anda sudah membaca dan memahami string pada artikel sebelumnya maka cara mengambil nilai sublist sangat gampang dipahami yaitu dengan cara slicing.

>>> binatang = ['kuda','monyet','ikan','kucing','ayam']  >>> print(hewan)  ['kuda', 'monyet', 'ikan', 'kucing', 'ayam']  >>> print(hewan[1:4])  ['monyet', 'ikan', 'kucing']  

Untuk mengambil nilai sublist atau slicing pada python mempunyai dua parameter [mulai:akhir] tetapi yang perlu dipahami yaitu parameter tamat tidak termasuk atau dikurang satu.


Contoh Soal

Pada artikel sebelumnya kita sudah memahami string dan f'string mari kita kombinasikan dengan list semoga kita sanggup lebih memahaminya:

>>> binatang = ['kuda','monyet','ikan','kucing','ayam']
>>> print(hewan)
['kuda', 'monyet', 'ikan', 'kucing', 'ayam']
print(f"Saya mempunyai seekor {hewan[3]} dan beberapa {hewan[2]} sedangkan {hewan[0]} milik Ayah saya, {hewan[1]} punya tetangga aku dan {hewan[-1]} juga punya tetangga")
Saya mempunyai seekor kucing dan beberapa ikan sedangkan kuda milik Ayah saya, simpanse punya tetangga aku dan ayam juga punya tetangga



Menambahkan Nilai kedalam List

Kita juga sanggup menambah nilai kedalam list untuk banyak sekali keperluan, Ada beberapa cara untuk menambahkan nilai ke dalam list
  • Menggunakan append
    append akan menambahkan list ke urutan paling akhir
  • Menggunakan insert
    insert menambahkan list pada index tertentu dan insert mempunyai dua parameter.

>>> binatang = ['kuda','monyet','ikan','kucing','ayam']
>>> print(hewan)
['kuda', 'monyet', 'ikan', 'kucing', 'ayam']
#menambahkan memakai append
>>> hewan.append('burung')
>>> print(hewan)
['kuda', 'monyet', 'ikan', 'kucing', 'ayam', 'burung']
#menambahkan dengan insert
>>> hewan.insert(2,'semut')
>>> print(hewan)
['kuda', 'monyet', 'semut', 'ikan', 'kucing', 'ayam', 'burung']


Memperbarui (Update) Nilai List

Untuk memperbarui nilai list atau update kita sanggup pribadi mengambil index dan mengganti nilainya.

>>> binatang = ['kuda','monyet','ikan','kucing','ayam']
>>> print(hewan)
#mengganti nilai 'ikan' dengan 'hiu'
>>> hewan[2] = 'hiu';
>>> print(hewan)
['kuda', 'monyet', 'hiu', 'kucing', 'ayam', 'burung']


Berhati-hatilah pada dikala ingin mengganti nilai list, perhatikan hewan[2] = 'hiu'; terdapat semicolon (titik koma), kalau kita lupa titik koma maka 'hiu' akan ditambahkan ke index 2 bukan diganti.


Menghapus Nilai List

Selain menambah dan mengganti nilai kedalam list kita juga sanggup menghapusnya. Perintah menghapusnya ada dua :
  • pop
    Pop menghapus nilai pada index tertentu dan mengembalikan hasil yang dihapus
  • remove
    Remove menghapus nilai menurut kecocokan nilai
  • del
    Del menghapus nilai pada index tertentu
Untuk lebih memahaminya lihat pola dibawah ini 

>>> binatang = ['kuda','monyet','ikan','kucing','ayam']
>>> print(hewan)
['kuda', 'monyet', 'ikan', 'kucing', 'ayam']
#menghapus memakai pop
>>> hewan.pop(2)
'hiu'
>>> print(hewan)
['kuda', 'monyet', 'kucing', 'ayam', 'burung']
#menghapus memakai del
>>> del hewan[1]
>>> print(hewan)
['kuda', 'kucing', 'ayam', 'burung']
#menghapus memakai remove
>>> hewan.remove('burung')
>>> print(hewan)
['kuda', 'kucing', 'ayam']


List Bersarang (Nested List)

Sering juga disebut multi dimensi atau matrix sebab didalam list ada list. Contoh kali ini kita hanya mengisi list dengan bilangan bulat.

>>> list1 = [1,2,3]
>>> list2 = [4,5,6]
>>> list3 = [7,8,9]
>>> semua_list = [list1,list2,list3]
>>> print(semua_list)
[[1, 2, 3], [4, 5, 6], [7, 8, 9]]


Pertanyaan

Bagaimana kalau kita ingin hasil keluaran atau output 8 dari variabel semua_list ? Jika kita ingin hasil 8 dari variabel list3 cukup mudah, cukup list3[1]


Jawab

>>> print(semua_list[2][1])
8

Pada variabel semua_list, list1 merupakan index ke-0, list3 merupakan index ke-2, Inilah yang disebut multidimensi atau nested list.

Saya akan menunjukkan hasil angka 8 step by step

>>> print(semua_list[2])
[7, 8, 9]
>>> print(semua_list[2][1])
8

Related Posts