bunyi dengung pada sepeda motor sangatlah banyak, namun kita harus sanggup mengenali dari mana bunyi dengung itu berasal, dan jangan buru - buru untuk membongkar di satu titik saja.
Kali ini aku akan memperlihatkan pengalaman aku pada ketika aku menerima pasien sepeda motor suzuki shogun 125, dimana di keluhkan oleh empunya alasannya yaitu motor kesayangan miliknya dalam tiga hari terakhir mengeluarkan bunyi dengung, terkadang bunyi itu hilang dan terkadang ada, dan bila pada ketika bunyi ngung ngung lampu pada motor tersebut jadi redup.
Dari duduk kasus itu dan mendengar dongeng empunya motor tersebut aku mulai mengecek dari mana asal muasal bunyi tersebut berasal, sehabis aku mengecek bunyi tersebut aku eksklusif menyimpulkan bahwa bunyi dengung tersebut terletak pada bab kolam magnet mesin motor dan berfikir bahwa adanya konsleting dari spullnya, kalau bunyi dengung gigi nanas akan tertangkap berair pada ketika motor di bawa jalan, tetapi motor ini mesin hidup tanpa di bawa jalan pun berbunyi ngung ngung menyerupai speaker salon yang terlalu banyak basnya jadi agak bunyi sember gitu.
Setelah aku menyimpulkan letak bunyi itu pada bab kolam magnet kemudian aku bongkar kolam magnetnya dan aku lihat pada bab spull motor tersebut, sehabis aku teliti dengan melihat kawat kumparan tersebut aku mulai curiga dengan salah satu pertemuan antara dua kawat kumparan spull itu alasannya yaitu terlihat gosong.
Akhirnya aku renggangkan antara dua kawat spull itu biar tidak bersentuhan dan terjadi konsleting, kemudian aku beri sedikit lem plastik steal untuk mengantisipasi dari melekat kembali antara dua kawat kumpuran spull tersebut.
Setelah semua kawat dirasa kondusif dan tidak ada yang gosong dan menempel, selanjutnya aku mulai pasang kembali spull tersebut, dan sehabis semua terpasang dengan benar aku coba hidupkan mesin motornya, dan jadinya bunyi dengung tersebut hilang.