Penyebab Motor Susah Dihidupkan - Brosense Penyebab Motor Susah Dihidupkan | Brosense

Penyebab Motor Susah Dihidupkan

Sepertinya tidak sedikit orang yang mengeluhkan bahwa motornya susah dihidupkan, baik di pagi hari dikala gres mau mulai memanaskan mesin atau mungkin memang selalu susah dikala dihidupkan walaupun motor dalam keadaan panas.

Kali ini aku akan menjelaskan cara untuk mengatasi motor yang susah dihidupkan baik itu mesin motor 4 TAK maupun mesin motor 2 TAK.

Untuk motor yang bermesin 4 TAK kalau di pagi hari pada dikala pertama mau menghidupkan mesin terasa susah dan alhasil motor dapat dihidupkan sehabis motor berkali - kali disela penyebabnya yakni dikarenakan setelan klep yang terlalu rapat, stelan klep yang terlalu rapat akan menciptakan kompresi pada mesin motor akan sedikit merembes alasannya yakni klep yang sedikit terbuka akhir stelan klep yang terlalu rapat.


Dan apabila motor sudah dapat hidup sekali pastinya motor tersebut akan terasa gampang untuk dihidupkan kembali, alasannya yakni panas mesin motor akan mengakibatkan pemuaian dari yang tadinya rapat dapat sedikit merenggang alasannya yakni panas mesin tersebut, dan pastinya stelan klep juga akan sedikit merenggang makanya pada dikala motor sudah dapat di hidupkan sekali niscaya motor akan gampang untuk dihidupkan lagi, maka dari itu anda harus menyetel klep motor anda apabila mengalami hal tersebut.

Klep pada sebuah sepeda motor akan ikut bergerak dari putaran poros engkol kemudian diteruskan melalui rantai sentrik, noken as dan piano klep.

Kenapa klep motor dapat menjadi rapat padahal pada penyetelan awal stelan klep telah pas, itu di akibatkan alasannya yakni rantai sentrik yang sudah mulai aus dan memanjang akhir lamanya pemakaian  sehingga noken as ikut sedikit bergeser dan mengakibatkan celah antara piano klep dan klep akan menjadi rapat.

Dan apabila stelan klep sudah pas tetapi mesin masih susah dihidupkan pada dikala pagi hari pada dikala mesin masih cuek juga dapat di karenakan klep yang sedikit bocor akhir kerak yang ada di ruang bakar mengganjal ataupun klep yang sudah aus, baik itu klep in (masuk) ataupun klep ex (keluar).

Untuk mengatasinya anda perlu membongkar head silinder dan harus melaksanakan penyekiran pada kedua klep tersebut semoga klep dapat rapat kembali.
Apabila Motor anda sudah mengeluarkan asap berwarna putih ini juga usang kelamaan akan menciptakan motor anda susah dihidupkan alasannya yakni kompresi motor akan berkurang dan pastinya motor akan susah hidup, sebaiknya bongkar silinder mesin motor anda cek pada cuilan silinder dan ring pistonnya.
Apabila silinder masih elok dan ring sudah tipis anda hanya perlu mengganti ring piston saja, tetapi apabila silinder sudah ada baret sebaiknya anda harus mengkorter silinder anda.

Untuk motor 2 TAK yang susah dihidupkan mungkin  dikarenakan membran karburator yang sudah tidak rapat lagi, silahkan anda cek membrannya dan sekalian basuh karburatornya.

Kemudian cek pengapian, dan bongkar pada blog silindernya bersihkan ruang bakarnya dan cek pada cuilan ring pistonnya, kalau ring sudah tipis maka gantilah ring piston tersebut, fungsinya semoga kompresi mesin motor anda menjadi padat kembali dan tentunya tenaga motor akan menjadi lebih besar dikarenakan kepadatan kompresi tersebut.

Related Posts