Saat ini semua kendaraan bermotor semakin canggih, dengan adanya sistem injeksi sebagai pengganti karburator yang ada pada sepeda motor.
Namanya juga bikinan insan niscaya suatu ketika semua komponen yang sudah usang juga bakalan rusak, Motor injeksi mempunyai indikator kedipan yang ada pada panel speedo meter, kedipan indikator itu bukan sembarang kedipan karna semua itu mempunyai arti bahwa salah satu komponen sepeda motor sedang mengalami masalah.
jika anda mempunyai duduk kasus dengan motor anda dan menemui indikator injeksi berkedip secara tidak normal sebaiknya anda segera perbaiki motor anda.
dibawah ini aku akan memperlihatkan arti kedipan yang ada pada indikator injeksi sepeda motor honda PGM-FI.
1 kedipan
Namanya juga bikinan insan niscaya suatu ketika semua komponen yang sudah usang juga bakalan rusak, Motor injeksi mempunyai indikator kedipan yang ada pada panel speedo meter, kedipan indikator itu bukan sembarang kedipan karna semua itu mempunyai arti bahwa salah satu komponen sepeda motor sedang mengalami masalah.
jika anda mempunyai duduk kasus dengan motor anda dan menemui indikator injeksi berkedip secara tidak normal sebaiknya anda segera perbaiki motor anda.
dibawah ini aku akan memperlihatkan arti kedipan yang ada pada indikator injeksi sepeda motor honda PGM-FI.
1 kedipan
Kedipan ini memperlihatkan arti bahwa sensor MAP (Manifold Absolute Presure) sedang mengalami kerusakan. MAP sendiri berfungsi sebagai pendeteksi jumlah udara yang masuk ke dalam mesin dengan cara mendeteksi perubahan tekanan pada intake manifold. Ketika sensor MAP ini bermasalah maka yang akan terjadi MIL akan memperlihatkan sinyal kedipan satu kali namun berulang ulang. Meskipun sensor ini rusak, mesin akan tetap hidup kan tetapi sebaiknya segeralah memperbaiki kerusakan tersebut.
7 kedipan
7 kedipan merupakan sinyal indikator kerusakan pada pecahan sensor Engine Oil Temperatur (EOT) dan Engine Coolant Temperature (ECT). Sensor tersebut dipakai untuk mendeteksi perubahan suhu mesin dengan mengubahnya ke dalam perubahan pada nilai komplemen thermistor. Kemudian sinyal elektrik yang dihasilkan oleh sensor tersebut dikirimkan ke ECM untuk menyesuaikan jumlah injeksi materi bakar dan waktu pengapian menurut temperatur mesin. Sehingga bila terjadi kerusakan pada sensor EOT maupun ECT maka hasilnya mesin akan sulit dihidupkan pada kondisi mesin dingin.
8 kedipan
Kedipan ini merupakan kode kerusakan yang paling kuat pada performa mesin. Sebab kode ini memperlihatkan arti bahwa ada kerusakan pada sensor Throttle Position (TP sensor). TP sensor berfungsi untuk mendeteksi sudut bukaan throttle valve. Sehingga bila sensor ini rusak maka akselerasi mesin motor Anda akan menurun.
9 kedipan
Kedipan ini bekerjasama dengan kerusakan pada sensor Intake Air Temperature (IAT). IAT di pasang semoga sanggup mengatur percampuran udara dan materi bakar sesuai dengan temperatur udara pada intake. Jika sensor ini rusak memang tidak terasa kuat pada mesin akan tetapi lebih baiknya bila Anda tetap harus memperbaiki kerusakan ini semoga tidak menjalar pada komponen lain.
12 kedipan
Kode sinyal kedipan berjumlah 12 kali ini juga salah satu kerusakan sistem injeksi yang termasuk fatal. Bisa dipastikan bila MIL mengirimkan kode kerusakan sebanyak 12 kedipan maka niscaya motor Anda dalam keadaan mati atau mogok. Sebab kode sinyal ini berasal dari kerusakan injektor yang melekat pada pecahan throttle body. Jika injektor ini rusak maka penyuplaian materi bakar ke ruang bakar menjadi terhenti dan menciptakan mesin akan mati.
21 kedipan
21 kedipan MIL yaitu megisyaratkan bahwa sensor O2 yang terdapat pada motor Honda PGM-FI sedang mengalami kerusakan. Cara kerja sensor ini yaitu untuk memperbaiki gabungan udara dan materi bakar dengan mendeteksi konsentrasi oksigen dari hasil pembakaran. Sensor yang terpasang pada pecahan akses pembuangan silinder head ini ketika terjadi kerusakan memang tidaklah kuat pada performa mesin namun jumlah kedipan yang di dapatkan pada MIL memperlihatkan saran semoga Anda memperbaiki kerusakan tersebut.
29 kedipan
Sensor Idle Air Control Valve (IACV) mempunyai fungsi sebagai pengatur jumlah ajaran udara yang mengalir pada putaran stasioner. Makara dengan adanya sensor IACV, Anda tek perlu lagi menyetel ajaran udaranya sebab sudah otomatis menyesuaikan dari putaran mesin stasioner. Kerusakan sensor inilah yang mengakibatkan MIL berkedip sebanyak 29 kali kedipan. Sensor ini bekerjasama eksklusif pada putaran stasioner mesin sehingga bila terjadi kerusakan maka yang akan terjadi yaitu mesin motor akan sulit untuk dihidupkan.
33 kedipan
Kedipan ini bukanlah berasal dari kerusakan sensor-sensor pada motor PGM-FI akan tetapi berasal dari kerusakan pecahan otak motor Honda PGM-FI yakni dari Engine Control Module (ECM). ECM atau yang biasa disebut Enggine Contol Unit (ECU) berkerja dengan mendapatkan sinyal yang dihasilkan oleh sensor-sensor yang tersdapat pada mesin lalu ECU akan mengolah data tersebut memakai peta kinerja multi dimensi (look-up table) untuk memilih pencampuran air, udara, materi bakar yang dipakai untuk mesin Honda PGM-FI.
54 kedipan
Kedipan yang terakhir ini memperlihatkan pernyatan bahwa Bank Angle Sensor pada motor Anda mengalami kerusakan. Sensor ini bekerjasama eksklusif pada keselamatan Anda ketika terjadi kecelakaan sebab Bank Angle Sensor bertugas memperlihatkan sensor posisi motor ketika terjadi kecelakaan. Sehingga ketika motor terjatuh, secara otomatis sensor ini memperlihatkan perintah untuk mematikan mesin. Jika Bank Angle Sensor rusak maka menjadikan mesin motor tidak sanggup dihidupkan sebab sensor ini akan mematikan beberapa fungsi komponen motor Anda menyerupai injector, fuel pump dan ignition coil.
Perlu Anda ketahui bahwa sepeda motor Honda yang mengadopsi sistem injeksi tidak mempunyai semua sensor menyerupai diatas, akan tetapi semua sepeda motor Honda injeksi mempunyai sinyal MIL untuk memperlihatkan peingatan kerusakan fungsi dari komponen motor Honda injeksi.
Itulah arti kedipan pada indikator injeksi mesin sepeda motor honda PGM-FI.
Itulah arti kedipan pada indikator injeksi mesin sepeda motor honda PGM-FI.