Hampir semua orang menghidupkan motor menggunakan stater ketimbang harus bersusah payah dengan menggunakan selahan kaki, apalagi motor - motor matic jikalau stater nya rusak juga sangat payah jikalau ingin menghidupkannya ketimbang motor belibis atau motor sport, karna motor matic harus di standar dua atau setandar tengah jikalau akan menggunakan selahan ketika ingin menghidupkannya.
Nah gimana jikalau datang - datang stater mati atau rusak???
Ada aneka macam penyebab kerusakan pada stater sepeda motor baik itu dari Aki, Switch stater(bendik), Kool stater, tombol stater dan problem kabel body sepeda motor.
Ciri - ciri kerusakannya dan cara memperbaikinya :
1. Pastikan AKI sepeda motor anda dalam keadaan baik dan tidak tekor atau soak karna tugas aki sangat penting dalam problem kelistrikan sepeda motor.
2. Stater tidak Nyala dan tidak ada suara - suara tek tek tek pada bendik stater ketika tombol stater di pencet.
Kemungkinan itu problem tombol stater yang sudah rusak atau mungkin dapat juga kabel antara tombol stater menuju ke bendik stater ada yang putus, silahkan anda lepas kabel yang menuju ke tombol stater kemudian sambung kedua kabel tersebut jikalau stater dapat hidup berarti itu hanya tombolnya saja yang rusak dan apabila masih tidak dapat hidup sama sekali saatnya anda cek pada bendik staternya dan coba ganti dengan bendik yang lainnya jikalau sehabis di ganti bendik, stater dapat hidup berarti itu hanya bendiknya saja yang sudah rusak.
jikalau kedua cara di atas masih belum dapat mengatasi stater anda saatnya anda urut kabel dari tombol stater sampai ke bendik stater kemungkinan besar kabel ada yang putus.
Baca Juga : Warna Kabel Semua Motor
Dan ada embel-embel untuk motor matic jikalau handel rem tidak di tarik stater juga tidak dapat hidup maka ketika anda pengguna motor matic ketika mau menstater motor niscaya harus menarik handel rem dulu jikalau tidak di tarik stater tidak akan dapat beroprasi.
Apabila handel rem baik kanan maupun kiri sudah di tarik dan tombol stater sudah di pencet tapi stater masih tidak mau hidup berarti ada kerusakan pada switch rem motor anda, coba anda tarik rem baik yang kanan ataupun yang kiri dan coba anda lihat pada lampu rem motor anda apakah lampu rem hidup ataukah tidak jikalau lampu rem tidak hidup padahal lampu rem juga dalam keadaan baik alias belum putus coba anda buka batok depan motor anda kemudian lepas switch rem salah satu saja mau yang kanan ataupun yang kiri sesuka anda saja kemudian sambung kedua kabel switch rem tersebut dan coba anda lihat pada lampu rem motor anda jikalau lampu rem hidup sekarang saatnya anda pencet tombol stater anda jikalau stater hidup berarti kerusakan hanya pada switch remnya saja, silahkan diganti dengan yang baru.
3. Saat tombol stater di pencet dan stater tidak dapat hidup tapi bendik stater berbunyi tek tek tek,
Kemungkinan besar kerusakan ada pada serpihan dinamo stater, entah itu kool stater yang sudah habis atau bahkan kumparan (angker) dinamo terbakar.
Untuk memastikannya silahkan anda lepas pada kabel Positif (+) yang ada pada dinamo stater kemudian pencet tombol stater anda dan tahan kemudian senggol - senggol kan kabel yang anda lepas tadi ke serpihan massa mesin motor jikalau ada percikan api berarti dinamo stater lah yang bermasalah.
Buka dinamo stater dan lihatlah pada serpihan kool stater jikalau kool stater sudah habis sebaiknya anda ganti kool stater tersebut, lihat pada kumparan(angker) dinamonya yang bersentuhan dengan kool stater apakah masih anggun atau tidak jikalau sudah aus parah otomatis kool stater tidak akan awet.
Silahkan anda bersihkan isi dinamo stater untuk serpihan magnet jangan dicuci pakai bensin cukup bersihkan dengan kain lap atau semprot menggunakan angin kompresor, jikalau di basuh dengan bensin akan mengakibatkan terlepasnya magnet dari rumah magnet dinamo staternya.