Nah kali kita akan membuatkan pengalaman pekerjaan yang saya alami kemaren, yakni yamaha mio J lampu depan nya mati dan aki nya juga ngedrop. Alhasil motor juga tidak dapat hidup.
Saat pertama tiba si konsumen saya tanya history sebelum mogok dan dia menjawab menyerupai ini.
"Tadinya lampu depan mati, saya bawa ke bengkel kabel nya dia langsungkan, kini malah motornya mogok"
Begitulah yang ia katakan.
Langkah pengecekan yang saya lakukan:
Pertama saya putar kontak ON, di sepedo Mil menyala tapi entah berapa kedipan nya tidak saya perhatikan, sebab perhatian saya tertuju pada fuel pump yang berdengung tapi sangat Lemah.
Kemudian pengecekan pun berlanjut membuka jog untuk melihat apakah bensin mengalir dari selang, dan ternyata tidak, dari itu kecurigaan bahwa fuel pump lemah semakin yakin.
Lalu saya buka tangki dan lepas fuel pump, filter pump pun di bersihkan, sesudah itu di pasang kembali, kesannya masih sama. Bahan bakar masih tidak keluar dari selang.
Dari situ saya berpikir bahwa si bocah fuel pump bukan penyebab motor ini mogok, selanjutnya saya berpikir bahwa motor Yamaha mio j ini memang tidak mau hidup jikalau tanpa aki, maka saya cobakan aki yang sehat dengan tegangan 12,4v ketika kita periksa dengan multitester dan motor pun dapat hidup normal. Setelah motor hidup kira-kira 5 menit saya cek kembali tegangan aki menjadi 11,6 V. Kalau di pikir sudah terang bahwa ini motor mio J sistem pengisian nya tidak normal.
Langkah selanjut nya membongkar cover belakang roda depan untuk melihat kiprok nya, ketika di periksa kabel "putih" pengisian memang tidak ada tegangan arus nya, dan juga kabel kuning di kiprok juga tidak ada arus nya, pantas saja lampu depan tidak hidup.
Berikut nya saya periksa soket spul dari motor mio j ini, berikut gambar nya.
Di sana ada 4 kabel dari spul, yang warna putih ada dua, tetapi pisisi yang saya panah di atas yang mengeluarkan arus.
Mohon maaf sebab agak keburu jadi saya tidak mengurutkan satu persatu kabel yang ada di sana, sebab di bahasan ini kita hanya mencari jalur pengisian ke kiprok.
Kabel putih yang saya tunjuk di atas mengeluarkan arus pengisian tetapi tidak hingga ke kiprok mio j ini, sesudah di periksa tahanan dengan multimeter tenyata kabel tersebut tidak hingga antara soket spul dengan soket kiprok di mio j ini, dapat di katakan kabel putih pengisian nya putus di jalan.
Dan benar saya banyak kabel yang hampir putus di bawah cover pijakan motor mio J ini, berikut penampakan nya.
Ini nih penyebab utama motor yamaha mio j tersebut jadi mogok, segera saya lakuakan perapian dengan menyambung kabel-kabel yang putus di sana,
Setelah beres dan motor pun dapat hidup normal.
Artikel lain perihal Mio J:
Perlu anda ketahui kiprok Mio J Berbeda dengan Motor lain.
Keterangan:
R = arus 12V aki.
W = kabel pengisian dari spul.
Y = kabel lampu.
Bl= kabel massa body.
Oya sedulur di sini saya menemukan hal yang dapat di katakan gres mengetahui nya, bahwa walaupun kiprok di yamaha mio J ini sama-sama memilika 4 pin di kiprok nya, tetapi berbeda dengan motor lain.
Di soket kiprok mio j ini hanya kabel putih yang jalurnya dari spul, sedangkan kabel kuning arus nya juga di hasilkan dari kabel putih tersebut. Makanya tadi di motor ini lampunya menjadi mati, sebab kabel putih pengisian nya tidak hingga di kiprok. Padahal umumnya kabel kuning (penerangan) di motor lain jalurnya dari spul ya lur.
Nyatanya sesudah kabel putih tadi saya sambung lampu menjadi menyala tanda kabel kuning nya sudah mengeluarkan arus.
Vidio pengecekan kabel Yamaha mio J.
Nah itulah pengalaman saya memperbaiki yamaha Mio J yang mogok, lampu mati dan aki nya ngedrop.
Jika ada yang mau di tanyakan mari diskusikan di kolom komentar, jikalau ada yang salah di goresan pena saya mohon maaf.
Semoga bermanfaat. Matursuwun.
Sumber https://www.kum3n.com/
Related Posts
- Fi System Punya Yamaha V-Ixion FI SYSTEM punya Yamaha V-xion 1. Pompa materi bakar/Fuel pump 2. Fuel injector 3. Ignition coil 4. Coolant temperature sensor5. ECU (engine control ...
- Diagram Jalur Kabel Alat Pemanas Tambal Ban Otomatis ListrikAssalamu'alaikum wr, wb. Selamat malam untuk sedulur semua, bagaimana puasa di tahun ini lur? Jangan bolong-bolong yah ๐. Ok pada kesempatan kali i ...
- Trouble Beat Fi Esp Brebet, Ini Salah Satu Penyebab NyaAssalamu' alaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat malam sedulur bengkel semua. Lama sekali blog ini tidak update. Artikel kali ini sanggup di kat ...
- Rpp Kelistrikan Sepeda Motor RPP Kelistrikan Sepeda Motor ini terdiri dari kelengkapan lainnya yaitu: SKL, KI, KD Silabus 1 Silabus 2 Silabus 3 RPP Sumber h ...
- Cara Investigasi Indikator Materi Bakar Vario 125 Yang ErorSelamat malam sedulur mekanik sepeda motor, kali ini kum3n.com akan menuliskan cara menyelidiki indikator materi bakar yang eror di motor injeksi var ...
- Mengetahui Jalur Sistem Kelistrikan Yamaha AlfaSelamat malam dulur, bagaimana hari ahad nya,? Saya tetep kerja nih, alhamdulillah bengkel rame lur, agar bengkel kalian juga rame ya. Nah kali ini ...