Jika klep terlalu rapat ini akan menyebabkan terjadinya kebocoran kompresi, dan motor susah hidup bila di pagi hari, karna dikala pagi hari motor tersebut sudah masbodoh lain halnya bila motor dalam keadaan panas maka klep akan sedikit merenggang dan motor gampang dihidupkan tapi motor susah sekali untuk langsam.
Untuk penyetelan baiknya bila motor dalam keadaan masbodoh karna belum adanya pemuaian terhadap mesin.
Walaupun stelan klep dikala ini sudah pas tapi stelan klep tersebut suatu dikala sanggup berubah karna AUS entah itu noken as, roker arm, stelan klep, atau pun rantai sentrink/rantai ketengnya.
Apabila di kepala silinder terdapat bunyi tik tik tik dikala mesin pelan dan bila di gas bunyi tersebut jadi kurang jelas dan bahkan hilang itu berarti klep yang terlalu renggang.
Jika klep IN terlalu rapat maka akan menciptakan motor susah hidup, dan bila terlalu renggang maka akan kekurangan udara dan materi bakar yang masuk pada ruang bakar dan menciptakan motor tidak maksimal dikala dihidupkan.
Jika klep EX terlalu rapat maka motor juga akan susah dikala dihidupkan, dan bila terlalu renggang maka pembuangan gas buang akhirnya juga tidak sempurna.
Baca Juga : Ukuran Setelan Klep Semua Motor
Alat-alat yang diperlukan
1. Kunci stelan klep
2. Kunci ring8/ring9 gunakan ring yang bengkok jangan kunci ring yang lurus, alasannya bila pakai kunci ring yang lurus akan susah untuk penyetelannya.
3. Kunci tutup klep
4. Kunci T17, T14 tergantung pada mur magnetnya memakai kunci berapa.
Sekarang kita lakukan cara pengerjaanya
1. Buka tutup yang ada di kolam magnet dan buka tutup setelan klepnya
2. Putar magnet pelan - pelan berlawanan jarum jam bila magnet berada di sebelah kiri, dan untuk magnet yang di sebelah kanan putar magnet searah jarum jam.
3. Saat memutar magnet sambil perhatikan klep IN , bila piano klep sudah menekan klep IN dan balik lagi keatas keposisi semula, sebaiknya putar magnet secara perlahan dan sambil di perhatikan tanda TOP yang ada pada magnet tersebut,
Pada bab magnet ada yang memakai tanda F dan T ada juga yang memakai tanda H dan I. dan pada kedua jenis model magnet tersebut untuk memilih titik TOP nya pada abjad yang paling belakang adalah abjad (T) dan abjad (I).
Dan untuk kolam magnet yang disebelah kiri pada bab kolam magnetnya niscaya ada coakan yang nantinya coakan tersebut akan kita paskan posisinya pada goresan pena yang ada pada magnet, dan untuk magnet yang letaknya di sebelah kanan coakan tersebut ada pada kolam mesin.
4. Jika coakan tersebut sudah pas pada abjad T atau I itu tandanya posisi piston sudah ada pada bab atas atau TOP, dan posisi kedua klep sudah berada pada titik netral, bila anda kurang yakin silahkan copot businya dan coba colok lubang busi memakai obeng kecil, bila dirasa obeng tidak sanggup masuk lebih dalam berarti obeng tersebut mengenai piston yang ada di atas silinder dan itulah yang dinamakan TOP.
5. Setelah titik TOP sudah pas sekarang saatnya kita mengecek celah antara piano dan klep dengan cara di goyang naik turunkan.
6. Gunakan kunci ring8/ring9 dan kunci setelan klep untuk memulai penyetelannya
untuk penyetelan yang memakai feeling sebaiknya jangan terlalu renggang dan terlalu rapat cukup di kasih celah sedikit saja antara piano dan klep tersebut,
untuk klep IN dan EX ukurannya berbeda
untuk klep EX lebih renggang sedikit dari klep IN.
7. Jika dirasa stelan klep berdasarkan anda sudah pas coba putar-putar magnetnya dan posisikan ketitik TOP lagi, dan silahkan cek lagi klepnya apakah berubah atau tidak
bila dirasa tidak berubah silahkan tutup lagi semuanya baik itu tutup magnet maupun tutup klepnya, dan bila berubah tinggal kalian setel ulang lagi hingga dirasa pas oleh anda.
Itulah cara penyetelan klep pada sebuah kendaraan roda dua, baik itu motor matic, bebek, atau motor sport, sesudah anda membaca artikel ini dan mempraktekkannya silahkan tinggalkan komentar atau bagikan artikel ini bila bermanfaat berdasarkan anda.