Pada umumnya rantai sentrik dipakai pada setiap kendaraan sepeda motor yang mempunyai sistem 4 langkah atau di sebut 4 TAK karna mesin motor yang memakai sistem 2 langkah atau 2 TAK tidak memilikinya.
Fungsinya ialah untuk menggerakan putaran noken as dari putaran poros engkol
sehingga tonjolan pada noken as akan menggerakkan roker arm sehingga klep akan membuka dan menutup jawaban tekanan dari roker arm tersebut.
Dalam pemasangan rantai sentrik itu tidak hanya asal pasang saja, karna ada yang namanya titik TOP antara magnet dan gear sentrik bab kepala silinder mesin, jikalau salah dalam memasang TOPnya hal yang bakal terjadi piston akan menabrak klep dan klep akan mengalami bengkok dan hasilnya klep akan bocor dan kompresi niscaya hilang.
CARA MELEPAS RANTAI SENTRIK MOTOR HONDA SUPRA FIT, SUPRA X, GRAND, LEGENDA
Siapkan dulu kunci yang dibutuhkan Seperti
Kunci T8, T10, Ring10, Tang spie, TANG GRIP, Traker Magnet, Kunci inggris, Kunci RING22, Kunci shock14, Obeng min besar(-) dan Obeng ketok.
Jika semua kunci telah tersedia saatnya untuk melaksanakan pembongkaran
1. Lepas tutup busi lalu lepas baut 10 dan dorong bautnya supaya tutup gear sentrik bab kepala silinder terlepas.
2. Lepas baut gear sentrik memakai kunci T8 dan lepas gearnya.
3. Lepas pedal gigi memakai kunci ring10 dan lepas kolam magnetnya memakai kunci T8.
4. Kemudian lepas baut Roller sentrik besar memakai kunci T10.
5. Lepas mur magnet memakai kunci shock14 lalu lepas magnet memakai traker magnet, dan ambil spie pengunci magnet yang ada pada poros engkol congkel pakai obeng min(-).
6. Lepas penahan gear penghantar stater pakai kunci T8 atau T10, dan lepas spie gear stater pakai tang spie, dan lalu lepas gear stater rantai stater dan gear penghantar stater secara bersamaan dengan cara di tarik keluar.
7. Lepas Tutup Rantai Sentrik memakai obeng ketok, dan jepit Tonjolan Tutup Rantai sentrik lalu congkel pakai obeng min besar(-), maka akan terlihat bab dalamnya menyerupai gear pompa oli, Roller sentrik kecil, Rantai sentrik.
8. Lepas Sulingan sentrik dengan cara melepas bautnya yang ada pada bab bawah mesin memakai kunci shock14, kenapa harus di lepas??? hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam pemasangan gear sentrik bab kepala silinder.
9. Tarik Sentrik kebelakang supaya lepas dan lepas roller besar dan roller kecilnya.
Silahlan bersihkan semua komponennya dahulu sebelum memasangnya lagi
Dan untuk pemasangannya
1. Pasang sentrik dari belakang dan tarik dari depan memakai kawat, lalu pasang roller besar dan roller kecilnya.
2. Pasang tutup sentrik dan lem supaya oli tidak bocor ke ruang magnet.
3. Pasang gear stater besar dan kecilnya bersamaan dengan rantai staternya, sekalian pasang plat penahan gear stater besar dan spie gear stater kecilnya.
4. Pasang spie magnet dan pasang magnet sambil di putar kekanan dan pasang murnya dan kencangkan, sekalian pasang kolam magnetnya.
5. Putar magnet kedepan dan paskan pada titik T, sentrik harus sambil di tarik kedepan supaya Tidak selip.
6. Pasang gear sentrik depan dan paskan titik gear pada titik head, sesudah itu pasang bautnya tapi jangan di kencangkan dulu, pasang sulingan sentriknya gres kencangkan baut gear sentriknya.
7. Pasang tutup gearnya.
Setelah semua terpasang dengan baik dan benar silahkan anda cek olinya dulu, lalu coba diputar kedepan pelan-pelan magnetnya memakai kunci shok14, jikalau dirasa putaran lancar dan tidak ada problem saatnya coba untuk dihidupkan, dan biar berhasil.
Related Posts
- Penyebab Noken As Dan Piano Klep Cepat AusNoken as dan piano klep pada sebuah motor sanggup saja mengalami keausan karna pemakaian jangka panjang dan juga di karenakan motor yang sudah berumu ...
- Arti Kedipan Indikator Injeksi Motor Honda Pgm-Fi Saat ini semua kendaraan bermotor semakin canggih, dengan adanya sistem injeksi sebagai pengganti karburator yang ada pada sepeda motor. Namanya ju ...
- Karburator Motor BanjirSemua kendaraan bermotor yang memakai materi bakar premium, pertalite, dan pertamax pada umumnya memiliki karburator, namun untuk ketika ini ka ...
- Cara Menciptakan Casan/Charger Aki Motor Pakai KiprokCara menciptakan casan atau charger aki motor memakai kiprok, dioda dan trafo 3 atau 5 ampere sangatlah mudah. Casan aki ini terbilang cukup sederhan ...
- Tenaga Motor Berkurang Atau NgemposJika anda pengen mencari tau atau sekedar iseng pengen cek persoalan motor yang anda gunakan kenapa tidak ada tenaganya sama sekali padahal dulu ada, ...
- Lampu Indikator Jupiter Mx BerkedipAda banyak sekali macam tanda-tanda kedipan yang terjadi pada indikator temperatur pada panel speedo meter motor jupiter mx, baik kedipan normal bahk ...