Tenaga Motor Berkurang Atau Ngempos - Brosense Tenaga Motor Berkurang Atau Ngempos | Brosense

Tenaga Motor Berkurang Atau Ngempos

Jika anda pengen mencari tau atau sekedar iseng pengen cek persoalan motor yang anda gunakan kenapa tidak ada tenaganya sama sekali padahal dulu ada, kali ini akan aku jelaskan permasalahannya.

Cek filter udara, alasannya yakni filter udara yang sudah terlalu kotor akan menghambat masuknya udara ke karburator dan ke ruang bakar, alhasil motor akan kehilangan tenaga.


Cek kompresi motor, caranya dengan disela apakah terasa berat atau malah ringan, jikalau ternyata kompresinya sudah lemah mungkin ini yang mengakibatkan motor anda terasa ngempos alias tenaga motor berkurang, untuk mengatasi hal ini anda cek dulu pada belahan klep,  klep berfungsi mengatur membuka dan menutup  sehingga jikalau ada salah satu klep yang bocor ini akan mengakibatkan kompresi berkurang, jikalau kompresi berkurang maka otomatis tenaga juga ikut berkurang.

Cek kondisi celah klep, penyetelan klep yang tidak pas juga akan kuat terhadap kinerja mesin, terlau rapat juga tidak baik karna sanggup saja malah akan mengakibatkan kebocoran kompresi dan terlalu renggang juga tidak baik karna akan mengakibatkan suara , suplay materi bakar kurang sempurna, bahkan pada ketika pembuangan gas hasil pembakaran juga tidak keluar dgn sempurna.


Jika dirasa penyetelan klep sudah pas tapi kompresi masih kurang padat  anda harus  melaksanakan skir klep tersebut, apabila klep sudah rapat sehabis di skir dan penyetelanya pun pas maka kompresi motor akan padat dan motor pastinya akan bertenaga lagi.

Saya punya pengalaman disuruh memperbaiki kenapa motor ini tidak ada tenaganya dan bahkan ketika aku tes hanya getaran dari mesin yang kencang tapi tenaga ngempos, alhasil aku coba buat stel klep tersebut sehabis di stel ternyata tidak ada perubahan dan masih sama saja, kesudahannya aku copot businya kemudian aku colok lubang busi untuk mengecek kondisi piston  diatas atau ketika top dan aku bandingkan dengan top yang ada pada magnet motor,   ternyata beda dan niscaya ini penyebabnya pada ketika piston mentok pada belahan atas silinder ternyata pada belahan magnet tidak terletak pada abjad 'T' melainkan pada abjad 'F' , dan jikalau aku putar lagi magnetnya ke abjad 'T' piston tersebut malah turun kebawah.

kesudahannya aku buka magnetnya dan ternyata magnet tersebut bergeser dari spie penahannya karna spie tersebut terlalu tipis jadi menjadikan magnet geser, aku ganti sama spie yang agak tinggi biar magnet tidak bergeser lagi , sehabis itu  aku pasang lagi dan aku top kan kembali antara titik 'T' pada magnet dan titik gear rantai sentrik/keteng.
Setelah semua terpasang aku tes dan hasilnya pun memuaskan motor jadi bertenaga lagi.

Dari pengalaman aku tersebut sanggup disimpulkan bahwa klep yang bocor sanggup menjadikan kompresi motor jadi lemah dan tenaga berkurang,
Dan magnet yang bergeser menjadikan top antara magnet dan piston tidak sama jadi akan berakibat lebih awal  terjadi pembakaran diruang bakar.

Related Posts