Motor Brebet Ketika Di Gas Pada Rpm Tinggi - Brosense Motor Brebet Ketika Di Gas Pada Rpm Tinggi | Brosense

Motor Brebet Ketika Di Gas Pada Rpm Tinggi

Baiklah teman kali ini aku akan membahas mengenai motor yang brebet ketika digas atau brebet pada rpm tinggi, hal ini berbagai penyebabnya dan tentunya tak sedikit orang yang mengalaminya.

Untuk mengatasinya kita perlu tau awal mula penyebabnya yang menciptakan motor kita tidak dapat naik ke rpm tinggi atau brebet ketika di gas tinggi.

Untuk pengecekan awal kita perlu tau kualitas materi bakar yang kita gunakan apakah itu cantik apakah tidak, alasannya ialah materi bakar juga sangat besar lengan berkuasa pada performa mesin motor kita, sebaiknya kita menggunakan materi bakar yang berkualitas cantik nilai oktannya pakailah pertamax dan belilah di spbu karna biasanya ketika membeli materi bakar pada kios kecil atau eceran itu sudah di campur-campur oleh tangan-tangan pembangkang mereka, sesudah kita tau kualitas materi bakar yang kita gunakan saatnya mengecek karburator, biasanya karburator sedikit kemasukan air ketika di basuh maupun kehujanan, maka tutuplah kran dari tangki motor kita dan buanglah materi bakar yang ada pada karburator dengan membuka  baut pembuangan yang ada pada karburator motor tersebut.

sesudah itu kita juga dapat mengecek pada pengapian bila dengan cara diatas motor masih brebet ketika rpm tinggi, untuk pengecekan pengapian kita memulai dari busi-koil-cdi-pulser-spul (untuk motor dengan sistem ac) dan cek aki pada motor sistem dc)

Cek busi motor tersebut apakah percikan bunga apinya masih normal atau tidak, untuk busi yang masih cantik pada percikan bunga api akan terlihat berwarna biru keputih-putihan dan tidak menyebar pada sisi-sisi busi melainkan fokus pada ujung tengah busi.


Cek koil motor, untuk mengeceknya kita lihat percikan api yang dikeluarkan pada koil, untuk koil yang masih cantik maka percikan api yang dikeluarkan koil juga berwarna biru keputih-putihan dan terlihat besar apinya.


Cek cdi, untuk mengeceknya kita cabut soket kabel yang menuju atau menancap pada koil, tempelkan ke masa dan coba sela motor tersebut bila ada percikan bunga apinya berarti cdi masih bagus, bunga api yang dikeluarkan cdi tidak terlalu besar karna hanya dialiri arus 12volt saja.


Cek pulser, untuk mengecek pulser kita perlu memnggunakan alat multitester, setel multitester pada kendala ohm meter kemudian salah satu ujung kabel multitester kita tempelkan pada masa dan satunya melalui kabel yang dari pulser, bila jarum multi tester masih bergerak berarti pulser masih hidup, tapi bila tidak bergerak sama sekali berarti pulser telah mati.

Cek aki untuk motor sistem pengapian dc, bila aki motor sudah tidak normal lagi ini juga sangat besar lengan berkuasa pada motor yang menggunakan sistem pengapian dc, karna motor juga akan brebet dan tidak dapat langsam, dan bila ini berlanjut pada jangka panjang maka akan merembet ke komponen lain ibarat cdi akan mulai mati, karna pada umumnya pengapian dc diharuskan untuk menggunakan aki.


Cek spul, cari kabel dari spul yang berwarna hitam-merah untuk motor honda pengapian (AC), tempelkan pada masa kemudian sela motor tersebut, bila masih mengeluarkan percikan api berarti spul juga masih berfungsi, arus yang dikeluarkan spul tidaklah terlalu besar karna hanya sekitar 12Volt saja.


Cek filter udara, Filter udara tentunya sangat besar lengan berkuasa terhadap mesin, karna filter yang sudah terlalu kotor akan menghambat masuknya udara ke ruang bakar, hal ini yang sering terjadi pada sekitar kita dan karna berkurangnya udara akan menjadikan motor brebet ketika digas bahkan tenaga motor pun akan berkurang.


Baca Juga : Motor Injeksi Brebet

Nah itulah cara menemukan persoalan yang timbul pada motor brebet ketika rpm tinggi, bila anda resah dalam melaksanakan uji coba sebaiknya bawa saja ke dealer atau bengkel langganan anda, tapi tidak ada salahnya anda memperbaiki sendiri dengan mengikuti cara yang aku terangkan di atas
Selamat mencoba.

Related Posts