Contoh Pengulangan Jenis Looping For Pada Php - Brosense Contoh Pengulangan Jenis Looping For Pada Php | Brosense

Contoh Pengulangan Jenis Looping For Pada Php


Loop For ialah tipe pengulangan yang dipakai dikala kita mengetahui script/kode yang kita buat akan diulang berapa kali. Jika kita merujuk pada loop while pada pola tersebut juga tertulis akan diulang berapa kali. Akan tetapi sintax loop for lebih sederhana dibandingkan dengan loop while, tentu saja jenis-jenis loop ini dipakai sesuai kondisinya.

for (inisialisasi; kondisi; menambah/mengurang) :
   // lakukan sesuatu yang ingin Anda looping/ulang (perintah)
endfor;

Penjelasan :
  • inisialisasi : buat nilai awal pengulangan, biasanya diisi dengan variabel $i, $i sendiri merupakan kependekan dari index.
  • kondisi : tuliskan kondisi nilai berapa kali diulang (TRUE) dan kondisi ini akan berhenti sampai nilainya salah (FALSE).
  • script akan melaksanakan perintah
  • menambah/mengurang : nilai inisialisi akan ditambah,  sesudah menjalankan perintah jikalau bernilai benar (TRUE).
Untuk lebih gampang memahami perhatikan pola dibawah ini :
for   (   $i  =  1;   $i <= 10;    $i++) :      echo $i;  endfor; 

Untuk kasus menyerupai ini tentu saja lebih baik memakai loop for dibandingkan dengan loop while, akan tetapi untuk beberapa kasus ada yang lebih baik memakai loop while dibandingkan loop for.
Mari kita buat pola loop for memakai table biar lebih memahami penggunaan loop for.
<table border=1>      <tbody>         <tr>            <th>No</th>            <th>$angka x 3</th>         </tr>         <?php            for ($angka = 1; $angka <= 10; $angka++ ) :          ?>            <tr>            <td><?php echo $angka; ?></td>            <td><?php echo $angka * 3; ?></td>         </tr>         <?php            endfor;          ?>   </tbody>  <table>

Hasil dari arahan diatas sebagai berikut:
No $angka x 3
1 3
2 6
3 9
4 12
5 15
6 18
7 21
8 24
9 27
10 30

Kesalahan Logika penulisan (Infinite For)

Terkadang dalam penulisan kita suka salah dalam memahami logika atau juga memang typo (salah ketik), kesalahan ini akan mengakibatkan pesan error pada aktivitas kita buat atau bahkan loading terus tanpa simpulan (Infinite For) dikarenakan kita menuliskan aktivitas melaksanakan perintah tanpa berhenti.
perhatikan pola dibawah ini :
<?php  for ($i= 20; $i >= 1; $i++)  {  echo $i;  echo "<br />"  ?>  

Apa yang harus dilakukan jikalau kita menjalankan script diatas ? script akan terus berjalan (increment) tanpa ada nilai FALSE, dikarenakan $i=20 TRUE (benar) lebih besar sama dengan 1 kemudian $i + 1 TRUE lebih besar sama dengan 1, penambahan akan terus terjadi alasannya ialah akan selalu bernilai TRUE jikalau kita tulis statement menyerupai diatas.
hasilnya browser akan terus loading sampai nilai maksimum memory leak. Solusinya ialah menutup browser.

Sebenarnya masih ada lagi jenis looping pada PHP yang akan sangat sering kita gunakan yaitu foreach akan tetapi foreach dipakai hanya untuk array.
Sumber : php.net

Related Posts