Cara Mengatasi Yamaha Mio J Brebet Dan Mati Dikala Di Gas - Brosense Cara Mengatasi Yamaha Mio J Brebet Dan Mati Dikala Di Gas | Brosense

Cara Mengatasi Yamaha Mio J Brebet Dan Mati Dikala Di Gas

Setelah kemaren kita membahas kampas kopling akternatif untuk yamaha mio semoga lebih hemat biaya,
Kali ini www.kum3n.com akan membagikan catatan pengalaman perbaikan di motor yamaha mio j YMJET FI yang brebet, susah di hidupkan dan ketika di gas malah mati.

Seperti biasa, sebelum saya atasi trouble di motor mio j ini terlebih dahulu menanyakan history sebelum terjadi mogok kepada pemilik kendaraan tersebut.

Untuk mengatasi trouble sedulur yang bekerja di bengkel juga harus anda biasakan menanyakan history kendaraan, semoga kita dapat memperpendek analisa dan lebih gampang menemukan duduk perkara nya.

Saat saya tanyakan kepada pemilik ternyata motor mio J YMJET FI ini sudah di service beberapa hari yang lalu, dan juga di lakukan pergantian fuel pump dengan biaya Rp 600.000,. Dan ketika di periksa dengan memutar kontak ke posisi ON memang fuel pump suara "nging" tanda nya part tersebut berfungsi.

Yah masuk akal saja biaya segitu dengan pergantian fuel pump, yang tidak masuk akal kenapa ini motor mogok lagi. Ini akan menjadi pekerjaan yang sulit sebab saya belum terbiasa dan belum berpengalaman mengatasi trouble di motor Injeksi yamaha. "pikir saya".

Ok pribadi saja ke Intinya.

Pengecekan Yamaha Mio J yang brebet susah di hidupkan.


Untuk investigasi di Motor injeksi biasakan melihat dahulu apakah ada aba-aba kedipan MIL kerusakan di indikator spedo.

Selengkapnya.
Kode kedipan Mil yamaha YMJET FI.

Saat saya periksa ternyata ada kedipan Mil 42 (4 kedip lama, dan 2 kedip cepat). Menurut catatan saya kedipan tersebut menunjukkan duduk perkara di sistem penunjuk kecepatan, dan benar saja ternyata penunjuk kecepatan nya tidak berfungsi.

Tetapi saya pikir kerusakan tersebut tidak begitu mempengaruhi sistem hingga terjadi mogok.

Selanjutnya saya lepas busi dan memastikan adanya percikan api, ternyata memang ada percikan, berarti dapat di simpulkan sistem pengapian aman. Dan sekaligus memastikan bahwa kompresi juga ada dengan menutup lobang busi nya.

Langkah berikutnya pelepasan injektor untuk menilik apakah bensin nyembur hingga injektor apa tidak nya.
Caranya anda lepas baut 10mm di throtle body (sialnya baut di motor ini karatan dan macet, hasilnya menjadi patah) dan arahkan ke kertas kering kemudian pejet stater sekali, kalau materi bakar keluar ber arti injektor aman.


kampas kopling akternatif untuk yamaha mio Cara mengatasi Yamaha Mio J brebet dan mati ketika di gas


Yang terjadi di motor ini injektor sudah menyemprotkan materi bakar tetapi kurang deras, maka saya bongkar saja injektornya.


Untuk memisahkan injektor dari throtlle body anda lepas baut 10mm dan congkel klip dengan obeng min kecil pelan-pelan. "Lihat gambar pertama di postingan ini"

Setelah terlepas congkel klip kawat yang saya tunjuk panah di gambar kedua.

Lalu ambil injektornya dengan memutar-mutar pelan hingga terlepas menyerupai gambar berikut ini.


Mohon maaf gambar 2,3 saya ambil dari google sebab lupa mengabadikan nya.

Dan benar saja yang saya curigai, di lobang injektor (lihat panah di gambar 3) ada banyak kotoran yang menyumpal, semoga semua kotoran keluar ketok-ketok saja ke tatakan kayu secara pelan-pelan.

Setelah yakin kotoran sudah tidak ada pasang kembali dengan urutan kebalikan nya.

Karena baut 10mm di motor mio j ini patah ketika di lepas, jadi saya ikat saja dengan tali tis.
Munkin kalian akan bertanya kenapa tidak di drat ulang saja?

Alasanya. Saat mencoba mengendorkan baut throtle body juga teras macet, dan takut akan sama nasib nya dengan baut yang sudah patah tadi, sebab pemilik motor ini terburu-buru akan merepotkan bila harus membongkar buring untuk melaksanakan drat ulang bukan. Yang penting komunikasikan dengan konsumen semoga beliau juga tau kondisi motornya.

Baca juga:
Yamaha vixio mati ketika di tarik Gas.

Akhirnya semua sudah terpasang dan hasilnya jreeng, motor nyala dengan gampang dan brebet pun hilang.
Jangan lupa test drive semoga lebih yakin ya.

Itulah pengalaman saya mengatasi yamaha mio j ymjet fi yang mogok.
Semoga bermanfaat.

Terimakasih.
Sumber https://www.kum3n.com/

Related Posts