Belajar Mengenal Variabel Pada Bahasa Pemrograman Php - Brosense Belajar Mengenal Variabel Pada Bahasa Pemrograman Php | Brosense

Belajar Mengenal Variabel Pada Bahasa Pemrograman Php


Dalam bahasa pemrograman komputer sudah niscaya seorang programmer harus mengenal apa itu variabel. Variabel yakni sebuah isyarat yang dituliskan/digunakan untuk menampung suatu nilai yang diinginkan, nilai yang sudah ditampung pada variabel tersebut sanggup diolah sesuai harapan kita. Beberapa hal yang sanggup kita lakukan pada nilai yang ada pada variabel yakni menyerupai menampilkan nilainya ke pada pengguna hingga menyimpan setiap yang diketikkan pengguna ke database kita. Untuk memahaminya eksklusif saja kita praktekkan isyarat dibawah ini :
<?php       $nama_variable = “isi disini nilai variablenya”;         echo “$nama_variable”;  ?> 
Variabel pada PHP diawali dengan tanda dollar $ diikuti dengan namanya sesuai harapan kita, lalu dipisahkan dengan tanda = untuk mengisi nilainya. Jika dijalankan maka jadinya yakni isi disini nilai variablenya.

Bayangkan sebuah variabel sebagai tempat/wadah penyimpan data

Mungkin Anda bertanya kalau untuk menghasilkan output menyerupai diatas kenapa harus pakai variabel ? bukankah dengan isyarat html saja sudah cukup ?. Lihat teladan isyarat html dibawah ini.

<html>  <body>  isi disini nilai variablenya  <body>  </html> 


Hasilnya sama dengan skrip php pertama tadi yaitu isi disini nilai variabelnya , dengan kondisi diatas tentu saja kita akan menentukan memakai isyarat html (statis) daripada memakai PHP.

Mari kita lanjutkan menciptakan teladan lain supaya kita sanggup memahami lebih dalam kegunaan variabel dalam PHP yang di sanggup hanya dijalankan hanya dengan isyarat HTML saja . Contoh variabel kali ini kita akan menciptakan 2 halaman:
  1. halaman1.php
  2. halaman2.php 
Halaman 1.php
<html>    <head>      <title>halaman 1</title>    </head>    <body>     <form action=”halaman2.php” method=”post”>       Isikan Nama Anda : <br>       <input type=”text” name=”namasaya”><p>       Isikan Umur Anda :<br>       <input type=”text” name=”umursaya”><p>       <input type=”submit” name=”submit” value=”Submit”>     </form>    </body>  </html> 
Kode diatas yakni form isian yang sesudah kita memasukkan/mengisi form dan menekan tombol submit akan diproses ke file halaman2.php. Kode diatas memang sangat sederhana dan tidak ada variabelnya, isian form diatas akan disimpan kedalam variabel yang ada di file halaman2.php berikut ini.

Halaman 2.php
<html>   <head>     <title>halaman 2</title>   </head>     <body>      <?php        $nama = $_POST[‘namasaya’];        $umur = $_POST[‘umursaya’];      ?>      Halo <?php echo $nama ?> umur Anda kini <?php echo $umur ?> tahun, semoga Panjang umur   </body>  </html>   
Simpan kedua file tersebut dalam satu folder didalam htdocs dan jalankan dibrowser. Seperti kita lihat jadinya setiap inputan dari form akan mengeluarkan hasil sesuai dengan apa yang diisi dalam form tentu saja ini tidak sanggup dilakukan hanya dengan isyarat HTML saja, Jika dengan isyarat HTML saja nama dan umur yang diisikan dalam form statis dalam arti tidak bias berubah-ubah sesuai inputan pengguna.

Ini yakni teladan aplikasi yang sangat sederhana, ada aneka macam penggunaan variable nanti pada dikala kita menciptakan kegiatan bahkan berdasarkan saya setiap kita menulis isyarat kegiatan niscaya ada variabelnya. Sebagai teladan dalam aplikasi toko online, disetiap toko online ada ratusan produk bahkan ada yang hingga ribuan, bayangkan jikalau kita menulis dengan isyarat HTML artinya ada seribu produk maka kita harus menciptakan seribu file isyarat HTML tentu saja sangat merepotkan, dengan PHP seribu produk tersebut sanggup ditampung dalam sebuah variabel dan kita hanya cukup menciptakan satu file.

Related Posts