Ayo buka dong, kasihan bila ada yang lagi membutuhkan derma kita lho.. Hehe
Pada kali ini kita akan membahas salah satu trouble yang sering terjadi pada motor CB150R.
Pada motor ini sering terjadi gosong kebakar di soket spul nya.

Apa penyebabnya..?
Menurut analisa aku soket tersebut gosong di akibatkan skun-skun di dalam soket kurang kencang, jadi ketika terjadi ajaran arus dari spul dan terjadi goncangan ketika motor di kendarai menyebabkan tabrakan arus yang berimbas soket menjadi gosong bahkan terbakar.
Misal nya ibarat ini, anda ambil kabel arus dari aki kemudian gesekkan ke body maka yang terjadi akan gosong di body yang kita gesekkan.
Nah dapat anda bayangkan bila antar skun di dalam soket itu saling bergesek, padahal soket nya terbuat dari plastik. Itulah klarifikasi berdasarkan saya.
Bagaimana berdasarkan anda.? Silahkan tinggalkan komentar bila anda punya analisa lain.
Efek pada motor.
Jika soket terbakar dapat saja pengisian aki tidak berfungsi. Akibatnya aki akan drop dan motor akan mogok, alasannya ialah di motor ini mengandalkan aki untuk sistem pengapian nya, yang harus di barengi normalnya sistem pengisian.
Baca juga:
Perbedaan sistem pengapian AC dan DC.
Selanjutnya.
Bagaimana cara mengatasi soket spul CB150R yang terbakar.
Jika anda memiliki motor ini silahkan anda periksa kini kondisi soketnya apakah normal atau tidak, bila masih cantik silahkan anda goyang-goyangkan soketnya. Kalau posisinya kencang ber arti normal.
Tetapi bila oblak atau kurang kencang, silahkan lepas soket dan tekan-tekan ke dalam skun-skun nya memakai obeng (-) kecil.
Lalu bagaimana kalau soketnya sudah gosong.?
Kalau soket sudah gosong berdasarkan aku akan leboh kondusif bila anda putus saja kabel yang gosong tersebut, biasa nya sering terjadi di kabel warna kuning.
Baca juga:
Lalu anda eksklusif kan saja kabel tersebut tanpa melewati soket spul nya. Insya'allah lebih murah dan aman.
Akhirnya cukup hingga disini agar bermanfaat. Terimakasih.
Sumber https://www.kum3n.com/
Related Posts
- Inilah Akhir Karet Membran Diafragma Karburator RusakMasalah ini aku temui di kuda besi aku sendiri, awalnya aku kurang begitu meneliti kalau di karburator juga terdapat karet membran nya yang ber ukura ...
- Cara Mengatasi Yamaha Mio J Brebet Dan Mati Dikala Di GasSetelah kemaren kita membahas kampas kopling akternatif untuk yamaha mio semoga lebih hemat biaya, Kali ini www.kum3n.com akan membagikan catatan pen ...
- Cara Mengganti Bearing Pada Driven Pully Matic HondaMotor matic anda bunyi garang ketika di putar ban belakang nya? Munkin part yang akan kita bahas kali ini patut jadi tersangkanya, ialah bearing yang ...
- Rangkaian Sistem Pengisian Sepeda Motor Bagi yang mau tahu rangkaian sistem pengisian sepeda motor, ini pola rangkaiannya diambil pribadi dari buku manual servis masing-masing sepeda motor ...
- Cara Mengganti Seal Water Pump / Mechanical Honda Vario CwJika kita membahas wacana seal water pump maka akan ada korelasi nya dengan air radiator. Kalau sudah berafiliasi dengan air radiator atau coolant ak ...
- Cara Yang Benar Ketika Mengisi Air Zuur Di Battery Tipe VrlaAki di motor-motor pengeluaran ketika ini memang menjadi salah satu part vital, bukan hanya sebagai penyetabil sistem beban tapi lantaran kebanyakan ...