Cara Mengurangi Serangan Crapware Di Komputer - Brosense Cara Mengurangi Serangan Crapware Di Komputer | Brosense

Cara Mengurangi Serangan Crapware Di Komputer

Membosankan bila setiap minggunya saya menjadi langganan pengguna PC lantaran persoalan Crapware. Kadang dalam seminggu, saya memperbaiki hingga 5 hingga 6 Komputer atau Laptop yang terjangkit persoalan ini. Parahnya, tak jarang dari penggunanya yaitu orang yang sama.

Meskipun ini sanggup saya manfaatkan sebagai perjuangan sampingan, namun saya lebih menentukan untuk meninggalkannya lantaran ini rasanya sangat membosankan.

Sudah tahu apa itu Crapware? Crapware yaitu sofware-sofware sampah yang di inject ke sofware tertentu dan akan ikut terinstal bila seseorang menginstal software yang telah di inject tersebut. Biasanya ini terdapat pada sofware gratis atau sofware yang bersifat pak tani atau sanggup juga dengan jebakan-jebakan lainnya.

Akibatnya, perangkat pengguna akan melambat bahkan hingga 98%!!! Dan bahkan hingga harus menempuh jalan terakhir yakni INSTAL ULANG!!!

Dari perkara yang saya temukan, beberapa buah Laptop tidak sanggup browsing internet lantaran koneksi internetnya di sedot habis oleh software-software tertentu untuk menampilkan iklan-iklannya. Benar-benar b*jing*n!!!

Saat di tanya ke pengguna apakah ia telah menginstal ini dan itu sebelumnya, jawabannya selalu tidak dan seolah-olah tidak tahu dengan apa yang telah ia lakukan. Ketidaktahuan ini lah yang di manfaatkan para pemb*j*k ini.

Percaya atau tidak, 99% Crapware yang menyerang perangkat kita di sebabkan oleh kelalaian kita sendiri. Namun pengguna-pengguna ini malah tidak rela di vonis menyerupai ini. Akhirnya saya memutuskan untuk memantau apa saja yang di lakukannya. Di sana barulah kalau tuduhan saya benar-benar terbukti. Ini murni lantaran kelalaian pengguna.

Disini Saya memberi referensi bagaimana cara Crapware ini menyerang. Misalnya kita menginstal sofware Freemake Video Converter. Nah, lantaran bersifat Free atau gratisan, banyak pengguna yang eksklusif asal Next dikala menginstal. Parahnya lagi 98% pengguna tidak membaca dan meneliti apa yang tengah di kliknya lantaran kurangnya pemahaman bahasa. Seharusnya, sebelum menginstal ini dan itu, usahakan kita menguasai sedikit bahasa Inggris.

Langsung saja, pada referensi ini saya menginstal sofware Freemake Video Converter dengan instalasi yang eksklusif saya download di situs resminya.

Ini tampilan utama dikala mengintal sofwarenya,

Membosankan bila setiap minggunya saya menjadi langganan pengguna PC lantaran persoalan Crapwa Cara mengurangi serangan Crapware di komputer

Kamu sanggup melihat ada tombol centang pada "Help Make Freemake.....". Sebaiknya kau menghilangkan centang ini yang berarti kau tidak ingin mengirim statistik penggunaan ke server software. Biasanya pengiriman ini bersifat tersembunyi.

Setelah Next, kau akan melihat tampilan penginstalan berikutnya. Contohnya "Wajam", Sofware ini saya pikir sangat tidak mempunyai kegunaan dan sanggup di bilang sofware sampah yang merugikan pengguna. Kehadirannya niscaya akan selalu ada dikala menginstal sofware gratisan.

Membosankan bila setiap minggunya saya menjadi langganan pengguna PC lantaran persoalan Crapwa Cara mengurangi serangan Crapware di komputer

Makara hilangkan Centang dan klik tombol Decline yang artinya kita tidak ingin menginstal sofware sampah ini.

Selanjutnya, kau akan menemukan sofware sampah lainnya. Contoh,

Membosankan bila setiap minggunya saya menjadi langganan pengguna PC lantaran persoalan Crapwa Cara mengurangi serangan Crapware di komputer

Pastikan kau telah menghilangkan centang pada perjanjiannya. Kemudian next, Disini kita akan di hidangkan sofware atau plugin sampah lainnya. Contoh,

Membosankan bila setiap minggunya saya menjadi langganan pengguna PC lantaran persoalan Crapwa Cara mengurangi serangan Crapware di komputer

Jika tidak mempunyai centang menyerupai yang lain dan hanya menemukan tampilan menyerupai gambar di atas, jangan eksklusif Next. Jika menemukan tampilan menyerupai di atas, pilih lah sajian "Custom Instalation". Contoh,

Membosankan bila setiap minggunya saya menjadi langganan pengguna PC lantaran persoalan Crapwa Cara mengurangi serangan Crapware di komputer

Hilangkan Centangnya dan gres lah Next. Jika masih menemukan sofware sampah lainnya, lakukan hal yang sama. Jika benar penginstalan software sampah tidak di tampilkan lagi, gres lah Next untuk point penginstalan sofwarenya.

Makara kesimpulan untuk perkara ini adalah,

"PENGGUNA SERING TIDAK TELITI SAAT MENGINSTAL DAN ASAL NEXT DAN NEXT".

Selain itu, kelalaian lain yang di lakukan pengguna adalah,

"SERING MENDOWLOAD DAN MENGINSTAL FILE INSTALASI YANG BUKAN DARI SITUS RESMI".

Tak jarang kesalahan ini sering di lakukan pengguna. Misalnya saja, penggguna ingin mendownload sofware CCLEANER. Saya agak heran, kenapa pengguna lebih menentukan untuk mendownload file instalasi bukan di situs resmi. Anggap saja file instalasi yang di download dari situs fil*hippo, cn*t, soft*nic dan lain-lain. Tak usang sehabis instal software, software-software lain yang tidak di undang ikut hadir meramaikan.

Lalu, Apa Ini kesalahan sofware atau situs penyedia link downloadnya? Ya terang ini yaitu kesalahan penyedia link downloadnya. Moment ini di manfaatkan oleh penyedia link downloadnya. Setelah Crapware terpasang di komputer target, penyedia link download akan mendapatkan upahnya. Inilah kenapa situs penyedia link download menyerupai ini tumbuh subur dan berkembang dengan amat sangat baik.

Makara pesan saya untuk hal ini adalah,

"USAHAKANLAH UNTUK MENDOWNLOAD SOFTWARE YANG DI INGINKAN LANGSUNG DARI SITUS YANG RESMI DAN JELAS".

Kesalahan lainnya contohnya saja pemanfaatan plugin atau penggaya-penggaya tertentu untuk sebuah browser. Beberapa Laptop yang saya perbaiki terselip plugin menyerupai Youtube HD. Katanya ini untuk melihat video di Youtube secara HD.

Lah? Bukankah kita sanggup melihat Youtube secara HD tanpa plugin tersebut? Setahu saya, bila Video yang di unggah tidak dalam resolusi HD, mana mungkin video sanggup di lihat dalam resolusi HD, Walau di lihat dalam resolusi HD pun, kalau videonya bukan video HD, tetap saja kualitas videonya tidak akan HD. Jika ingin melihat video dalam resolusi HD kan tinggal ganti tampilannya saja. Dan saya pikir plugin menyerupai ini tidak berguna.

Masih banyak lagi contoh-contoh yang lainnya. Makara Pastikan kau mendownload software yang di inginkan dari situs resmi, Jangan sekali-kali menginstal software yang tidak kau pahami manfaatnya. Crapware hampir sama menyerupai Virus. Crapware sanggup berstatus sedang hingga berstatus hingga sangat tinggi yang sanggup menjadikan perangkat kau tidak sanggup beroperasi lagi.

Makara berhati-hatilah...

Related Posts