Oya bagaimana puasanya ? "bagi orang muslim", semoga lancar ya..
Ok pada kali ini kita akan membuatkan diagram jalur kabel sistem double stater di motor Honda supra X 125.
Untuk lebih gampang nya pribadi saja berikut gambar diagram double stater nya.
Penjelasan.
- Kabel R "merah" jalurnya berasal dari aki kemudiam bercabang ke kontak dan bandik / relay stater. Untuk jalur kabel merah yang ke kontak harus di beri sekring biar ketika terjadi konslet kabel tidak terbakar. Ukuran sekring nya 15 A.
- Kabel R/Bl "Merah/Hitam" keluar dari kontak / ignitation switch lalu menuju relay stater yang pasangi sekring 10 A.
- Kabel R/W "Merah/Putih" keluar dari bandik / relay stater menuju dinamo stater.
- Di switch stater ada dua kabel ialah G "hijau" dan Y/R "kuning/merah". Untuk kabel hijau berfungsi sebagai massa, sedangkan kuning/merah akan menuju relay stater.
- Kabel G "hijau" yang berada di Aki dan dinamo berfungsi sebagai massa.
Cara pengecekan double stater di motor.
Pertama pastikan dahulu bahwa aki dalam kondisi fit / bagus.
Kalau ketika klik tombol double stater tidak ada respon coba anda jumper kabel y/r dan G yang berada di switch stater.
Selanjutnya jikalau double stater masih tidak mau menyala pastikan bandik / relay stater dalam kondisi bagus.
Biasanya kalau relay elok ada bunyik klik-klik ketika switch stater kita tekan.
Baca juga:
Kalau sudah di pastikan relay elok tetapi double stater tidak bisa, coba anda periksa kabel R/W ada arus aki 12v apa tidak ketika tombol stater kita tekan.
Jika arus sudah hingga di dinamo, dapat di katakan dinamo lah yang rusak.
Bisa kita coba memperbaikinya dengan mengganti brush / colbuster. Biasanya kondisi brush telah habis jadi tidak dapat menghidupkan dinamo.
Nah itulah diagram sistem jalur double stater di motor supra X 125.
Jika ada yang kurang terang atau membingunkan silahkan tinggalkan komentar.
Semoga bermanfaat. Terimkasih. Sumber https://www.kum3n.com/