Belajar Rangkaian Sistem Pengisian Supra X 125 - Brosense Belajar Rangkaian Sistem Pengisian Supra X 125 | Brosense

Belajar Rangkaian Sistem Pengisian Supra X 125

Selamat malam sedulur.

Bagaimana kabarnya,?

Kali ini kum3n akan membahas sistem pengisian di motor supra x 125.

Sebelum kita ke bahasan,
Sistem pengisian berfungsi mengisi battery biar voltase yang tersimpan tetap stabil.

Dan sebab di motor ini menggunakan CDI DC yang ber artinya sumber pengapian nya berasal dari aki jadi di upayakan aki harus tetap dalam kondisi prima.

Lalu Apa yang terjadi jikalau aki drop.?

Jika aki ngedrop, maka semua sistem kelistrikan akan meredup.

contohnya: Klakson tidak nyaring, spedometer akan berkedip, sein tidak terang.

Peringatan..!!
Jangan biarkan terlalu usang motor yang memakai sistem pengapian DC tanpa adanya aki, dapat memperpendek komponen pengapian, terutama CDI.

Oya tadi aku bilang kalau di motor ini aki yang menjadi sumber pengapian bukan, tapi kok kalau aki drop masih dapat hidup motor nya.?

Ya dapat dong, jikalau aki drop motor akan tetap dapat berjalan normal dengan syarat sistem pengisian sehat.

Kalau sistem pengisian nya sudah tidak manis motor dengan CDI dc akan mogok ya lur.

Selanjutnya..

Diagram sistem pengisian Supra X 125.

Keterangan gambar.

  • Kabel W terhubung ke regulator / kiprok.
  • Kabel G menjadi massa alternator dan regulator yamg terpasang di body.
  • Kabel Y di regulator terhubung ke sistem penerangan lampu depan.
  • Kabel R regulator mengarah ke faktual Aki dan terpasang sekring 15A.

Cara pengecekan sistem pengisian.

A. Sistem pengisian berawal dari alternator / spul. Untuk pengecekan nya kalau tanpa multitester dapat pribadi anda goresan kabel putih ke body sambil di stater, jikalau normal seharusnya akan meletikkan bunga api.

Jika anda gunakan multitester periksa tahanan di kabel putih dan hijau alternator / spul dengan skala ohm. Standar tahanan nya yaitu 0,3 - 1,1 ohm. Ganti spul jikalau tahanan tidak sesuai.

B. Untuk cek regulator cara gampang yang sering aku pake yaitu dengan melepasan posotif Aki kemudian colokoan probe merah multi ke kabel merah di soket regulator dan probe hitam ke massa, kemudian stater motor, seharusnya ada arus yang terbaca.

Anda juga dapat memakai bolep tester untuk pengecekan ini. Caranya pun sama, lepas faktual aki kemudian satu kabel dari bolep tester ke kabel merah regulator dan yang satu ke massa. Kalau kiprok mormal dikala motor di stater bolep akan menyala.

Untuk warna kabel kiprokya baca warna kabel soket kiprok dan fungsinya.

Baca juga:

Nah aku rasa cukup hingga di sini pembahasan sistem pengisian di motor supra x 125 ini.

Semoga dapat di pahami.
Silahkan tinggalkan komentar jikalau ada pertanyaan.

Terimakasih.
Sumber https://www.kum3n.com/

Related Posts