Pada kali ini kum3n akan membahas cara mengetahui kerusakan di sistem pengapian yamaha scorpio z 225cc.
Untuk mengetahui kerusakan kita harus tahu dulu urutan sistem pengapian di motor ini bukan.?
Maka dari itu aku akan mencoba menjelaskan urutan rangkaian sistem pengapian di yamaha scorpio z.
Pertama:
Kita menganalisa pengapian pribadi dari spul / stator nya.
Di motor yamaha scorpio Z ini masih memakai sistem pengapian AC atau masih memakai spul pengapian sendiri.
Sebenarnya sistem pengapian nya hampir/ bahkan sama dengan yamaga vega usang "generasi pertama" berdasarkan saya.
Berikut ini ialah warna kabel spul / stator yamaha scorpio Z 225 cc.
Jika di lihat ada 7 kabel.
A. Merah = pulser.
B. Putih = pulser.
C. Putih = pengisian ke kiprok.
D. Kuning = penerangan ke kiprok.
E. Hijau = massa CDI.
F. Coklat = pengapian.
G. Hitam = massa ke kiprok.
Dari data di atas sudah terang bukan fungsi dari kabel spul yamaha scorpio Z ini.
Untuk cara pengecekan spul pengapian masih manis tidak nya cukup gampang lur.
Anda ambil kabel coklat dan hijau dari spul kemudian saling goresan sambil di stater-stater, bila spul manis maka akan kluar percikan api. "Mohon maaf aku tidak punya data voltasenya alasannya ialah multimeter lagi rusak".
Kalau untuk mengetahui sistem penerangan dan pengisian tingal anda goresan kabel kuning penerangan ke body, untuk pengisian goresan kabel putih ke body, bila spul normal akan ada percikan api ketika di goresan ke body sambil di selah-selah.
Dan untuk pengecekan pulser harus memakai Avometer, ambil 2 kabel yaitu putih pulser dan merah pulser kemudian colokan multi di skala Volt Ac paling kecil, bila pulser normal maka jarum akan bergerak.
Trouble yang aku temui.
Spul pengapian ketika aku test tidak ada percikan Api. Setelah aku bongkar spul sudah di ganti milik Force 1. Karena dudukan yang orisinil tidak ada jadi tidak bisa di spulkan pikir saya. Kaprikornus aku carikan spul yang sama dengan terpasang di motor ini.
Tetapi alasannya ialah di toko onderdil adanya spul milik yamaha FIZ jadi tetap aku pasang, dan ternyata spul tidak berpengaruh lama, aku test hanya bisa jalan ± 1km kemudian mogok. Sudah dua kali aku ganti spul FIZ akhirnya sama.
Setelah hampir frustasi aku mencoba pergi ke tukang spul langganan, dan ternyata ia bisa menyepul ulang tetapi dia minta di las dahulu dudukan nya alasannya ialah tidak bisa kencang posisinya. Kaprikornus akan oblak ketika tergesek-gesek. Oya aku las dudukan dengan las listrik, tapi hati-hati ya jangan hingga spul kebakar.
Setelah aku las dan di spul akhirnya waw, pengapian sangat besar, dan yakin niscaya tahan usang lur.
Kesimpulan nya jangan hingga anda mengganti spul pengapian scorpio dengan spul pengapian milik force 1 atau Fiz, alasannya ialah akan percuma saja, spul tidak akan kuat.
Kembali ke topik.
Yang ke dua.
pengecekan pengapian selanjutnya yaitu CDI AC scorpio Z.
Agar lebih gampang lihat dulu gambar kabel CDI berikut.
A. Orange = ke koil.
B. Coklat = kabel pengapian dari spul.
C. Hitam/putih = ke kontak.
D. Hijau = massa CDI.
E. Kuning/putih = massa body "saya bingung, seharusnya ini warna hitam".
F. Merah = pulser.
G. Kosong.
H. Putih = pulser.
Untuk rangkaian nya cukup pasang kabel-kabel dari spul yang warna nya sama,
bila mau mengetes CDI masih manis tidak nya, anda ambil kabel orange kemudian goresan ke body sambil di selah-selah, bila CDI manis akan ada percikan api.
Dan apabila spul, CDI di test sudah ok, selanjutnya tinggal pasang kabel orange ke input coil kemudian coba periksa apakah coil sudah memercikan bunga api.
Jika tidak ada percikan bisa di bilang coil anda rusak.
Itulah rangkaian pengapian di motor scorpio z 225cc, biar bermanfaat, bila ada yang gundah bisa di tanyakan kolom komentar. Terimakasih.
Sumber https://www.kum3n.com/
Related Posts
- Kumpulan Soal Teknik Dan Bisnis Sepeda MotorBerikut ini yaitu kumpulan soal-soal ujian UTS, UAS, dan Tryout, silahkan download dan review untuk memastikan soal sanggup diaplikasikan pada siswa ...
- Engine Management System Engine Management System Untuk memenuhi kebutuhan rendah emisi dan performa yang lebih baik bagi mesin. ECU (Electronic control unit) berperan mela ...
- Tanda Top Kompresi Pada Suzuki Jagoan FuBagi kalian para Senior bengkel munkin sudah pada menetahui cara Mencari top kompresi pada motor Suzuki pahlawan FU. Tapi bagi para senior menyerupa ...
- Penyebab Soket Spul Honda Cb150r Hangus TerbakarSelamat malam lur, gimana kabarnya? Sudah mulai buka belum bengkel nya nih? Ayo buka dong, kasihan bila ada yang lagi membutuhkan derma kita lho.. He ...
- Pembahasan Kisi-Kisi Soal Teori Kejuruan Teknik Sepeda Motor 2016/2017 Status: dalam proses pengerjaan Silahkan klik link materi (warna biru) yang sesuai dengan kompetensi yang diinginkan, semua konten akan diupdate s ...
- Inilah Akhir Karet Membran Diafragma Karburator RusakMasalah ini aku temui di kuda besi aku sendiri, awalnya aku kurang begitu meneliti kalau di karburator juga terdapat karet membran nya yang ber ukura ...