Kali ini kita akan membahas cara gampang mengakali cdi motor vega usang yang mati, di ganti dengan CDI supra 100.
NB: sistem pengapian yamaha vega usang sama dengan motor yamaha cripton.
Nah sedulur sudah tahu bukan, bahwa pada dasar nya di motor vega usang dan supra 100 itu sama, sama-sama memakai sistem pengapian AC.
Baca juga:
Perbedaan CDI DC dan AC di sepeda motor.
Saya melaksanakan pergantian CDI motor honda Vega usang denga CDI supra 100 di karenakan sudah muter ke beberapa toko stoknya pas habis, dan kebetulan di rumah ada stok cdi supra berikut soket cdi nya. Percobaan pun di mulai, dan berikut ini ialah hasil rangkaian nya.
Pertama anda harus tahu dulu kabel-kabel dari spul vega fungsinya apa. Ada beberapa kabel di sana. Dan ada 2 buah kabel berwarna putih, yang satu ialah pulser dan yang satu pengisian yang menuju ke kiprok. Perhatikan gambar berikut.
Kabel spul vega usang / cripton.
Hijau : massa.
Coklat : pengapian.
Putih : pulser.
Merah : massa pulser.
Putih : pengisian.
Kuning : penerangan.
Hitam : massa body.
Dan anda juga harus tahu input dan output CDI supra.
Lihat gambar di bawah ini tapi abaikan warna nya.
1. Massa.
2. Pulser.
3. Kontak.
4. Input pengapian spul.
5. Output ke koil.
Sebelum kita rangkai dengan CDi harus di tes dahulu kondisi spul hidup atau mati, caranya.
Cek spul vega lama:
Kita ambil kabel coklat dan hijau dari spul, kabel hijaunya lilitkan ke massa body, kemudian selah-selah kick stater seharusnya kabel coklat mengeluarkan api bila di ukiran body.
Nah sesudah kita ketahui bahwa si spul normal, maka kita lanjut perangkaian nya.
Rangkaian cdi supra 100 ke vega lama.
- Ambil kabel hijau dan hitam dari spul. Sambungkan ke kabel massa cdi.
- Sambungkan kabel putih "massa pulser" dari spul ke kabel massa body. "Saya sambung dengan kabel hitam dari kabel body"
- Kabel merah "pulser" ke soket nomer 2 dari CDI. (Lihat gambar).
- Sambung kabel coklat dari spul ke soket CDI supra no 4.
- Kabel dari CDI supra no 5 ke koil
Seharusnya sesudah kita rangkai kabel-kabel tersebut dikala kita test busi akan mengeluarkan bunga api.
Tetapi bila busi masih belum mengeluarkan api, periksa sambungan kabel tadi sudah benar apa tidak, dapat di bilang benar kalau kabel no 5 dari CDI mengeluarkan api dikala di selah-selah kick stater. Apabila belum berarti masih ada yang salah.
Baca juga:
Arti dari warna kabel motor.
Apabila kabel no 5 sudah ada apinya tetapi dari koil tidak ada, dapat di simpulkan koil anda juga rusak.
Saya rasa rasa cukup hingga di sini, bila ada yang resah silahkan tanyakan di kolom komentar. Terimakasih.
Sumber https://www.kum3n.com/
Related Posts
- Cara Pengecekan Pulser Di Sepeda MotorSebenarnya Saya gundah mau kasih judul apa pada postingan kali ini, ya pada dasarnya kita akan membahas cara menyidik kondisi pulser di sepeda motor. ...
- Cara Merubah Kelistrikan Menjadi Fullwave Suzuki Shogun / SmashSebelum kita ke bahasan anda harus tau dulu apa itu fullwave, secara teori Fullwave yaitu sistem kelistrikan full DC dimana sistem kelistrikan pada m ...
- Mengenal Komponen Elektronik Setiap hari pastinya ada saja acara yang kita lakukan yang memakai perangkat elektronik. Disini kita akan pelajari beberapa komponen yang menjadi a ...
- Cara Mengganti Seal Water Pump / Mechanical Honda Vario CwJika kita membahas wacana seal water pump maka akan ada korelasi nya dengan air radiator. Kalau sudah berafiliasi dengan air radiator atau coolant ak ...
- Penyebab Soket Spul Honda Cb150r Hangus TerbakarSelamat malam lur, gimana kabarnya? Sudah mulai buka belum bengkel nya nih? Ayo buka dong, kasihan bila ada yang lagi membutuhkan derma kita lho.. He ...
- Jalur Kabel Sistem Pengapian Honda Blade Lama.Selamat siang sedulur, jumpa lagi dengan blog kum3n.com, kali ini kita akan membahas jalur kabel pengapian pada blade karburator. Yang saya tulis in ...