Sebagai mekanik kita niscaya sering bongkar piston / seher bukan, nah terkadang kita di buat resah dengan tanda yang berada di muka pistonya. Yang pernah saya temui ada 3 jenis tandanya, ada panah, titik, dan In.
Munkin kalian sudah mengetahui nya, tapi bagi anda yang kebingungan Jangan sembarangan memasang piston. Karena dapat berakibat fatal, klep dapat benturan dengan piston.
Baca juga:
Arti tanda E dan F pada speedometer
Berikut ini klarifikasi dari tanda pada muka piston.
Tanda titik (●), tanda panah (<), tanda goresan pena IN pada permukaan piston.
- Tanda titik(●) WAJIB menghadap lubang Ex/ buang.
- Tanda panah(<) WAJIB menghadap lubang Ex/buang.
- Tanda goresan pena in (IN) WAJIB menghadap lubang in/masuk.
Kode tanda di atas yaitu arahan INTERNATIONAL yg berlaku untuk semua merek kendaraan / motor.
Ada beberapa pertanyaan.
Kenapa kok di beri tanda titik,panah,dan IN?
Karena,piston tersebut titik center lubang pin nya terhadap diameter luar nya piston tidak sama / tidak center / offset.
Kenapa kok di bikin tidak sama/offset lebih condong ke IN, bukan ke exhoust?
Karena semoga posisi pin piston dengan pin kruk as tidak sejajar. Sehingga pada ketika terjadi proses pembakaran, piston dan crankshaft / kruk as dapat kembali memutar tanpa memerlukan perjuangan yang berat.
Serta tujuan piston di bikin offset untuk mengurangi gaya gesek antara sisi kiri piston (bawah piston) dengan dinding silinder.
Nah, kenapa kok kebanyakan pada piston yg ada tanda titik/panah, coakan EX nya LEBIH BESAR (sebenarnya bukan lebih besar,tapi lebih dalam), padahal kelep ex/buang lebih kecil dari kelep in/masuk?
Mari kita ulas sedikit jawabanya 😊
Kita ingat proses pembakaran mesin.
■ Saat langkah hisap,piston bergerak MENJAUHI kelep IN
■ Saat langkah buang,piston bergerak MENDEKATI kelep EX
Logikanya begini.
- Coakan EX pada permukaan piston lebih gede/dalam, alasannya yaitu untuk menghindari resiko benturan kelep dg piston,karena piston semakin usang semakin mendekati kelep,apalagi profil camshaft yg dimodif extrim,misal durasi derajat ataupun lift nya lebih tinggi dari standart,tentunya kelep makin panjang langkahnya.
- Coakan IN pada permukaan piston lebih kecil/dangkal,sedangkan kelep in gede,karena ketika kelep in bergerak /membuka,piston bergerak menjauhi kelep in.
Oke, sudah paham kan?😊
Nah,kalau tidak ada tanda titik atau panah, bagaimana cara memasang yg benar?
Caranya,kita ukur menggunakan zigmat/jangka sorong.
Caranya lihat gambar di bawah ini.
Disitu ada tertera angka atau nilai yang lebih besar/panjang, maka nilai angka tersebutlah yg WAJIB menghadap lubang EX/buang.
Baca juga:
Penting nya dowel pins di buring motor
JANGAN TERBALIK ya !!.... Agar mesin awet, tidak kasar, dan tidak cepat ngebul ber asap putih.
Biasanya bila terbalik, umur piston Cs gak hingga satu bulan sudah minta di buang,☺
Semoga bermanfaat. Terimakasih.
Sumber https://www.kum3n.com/
Related Posts
- Mengatasi Gigi Persneleng Tidak Dapat Netral Dikala Di MasukkanKopling ganda yaitu belahan mesin yang umumnya berada di motor Cub dan pada motor matic. Motor yang memakai sistem kopling ini biasanya dikala posis ...
- Inilah Efek Jawaban Telat Mengganti Oli Mesin Di Motor Mega ProSelamat malam sedulur, salam sukses bagi kita semua. 🙏 Pada kali ini kita akan membahas efek bagi mesin yang telat melaksanakan pergantian Oli, sed ...
- Hal Yg Harus Di Periksa Ketika Motor 2T Susah Hidup Dan Langsam Tidak StabilSelamat malam dulur, malam ini bintang bersinar begitu indah nya lho, coba deh pada keluar rumah untuk melihat nya. 😂 Cukup deh basa bau nya. 😀 Un ...
- Awass!! Inilah Penyebab Oli Gardan Berubah Warna PutihDi motor matic terdapat gearbox / gardan yang berfungsi sebagai penerus putaran dari mesin / kruk as ke bab CVT dan di lanjutkan oleh sistem gearbox ...
- Rangkaian Sistem Pengapian Dan Penerangan Kawasaki KazeSelamat malam sedulur, bagaimana nih kerjaan nya? Lancar kan... Bengkel aku lagi banyak rosokan nih, bikin pusing lur 😂. Kali ini kum3n.com akan me ...
- Diagram Jalur Pengapian Dan Pengisian Di Yamaha Rx KingSelamat malam sedulur, sudah pada ngopi belum? Diem-diem bae. Haha oya gimana puasa di hari ke tiga ini, besar lengan berkuasa dong.. Ok pada postin ...