Tips Gampang Ketika Mengganti Colboster Pada Dinamo Motor - Brosense Tips Gampang Ketika Mengganti Colboster Pada Dinamo Motor | Brosense

Tips Gampang Ketika Mengganti Colboster Pada Dinamo Motor

   Selamat malam dulur, gimana kabarnya di hari ahad ini? Tetap buka kan benkel nya 😂, yaa harus buka dong, alasannya ialah konsumen kita akan lebih banyak yang tiba di hari-hari libur. 🙅

   Pada kali ini kum3nBlog akan membahas tips cara mengganti colboster pada dinamo sepeda motor.

Baca juga:
Kode part bearing dan gear gardan matic

   Tetapi sebelum anda memvonis bahwa colboster lah penyebab elektrik stater tidak fungsi, lalukan dahulu investigasi ini.
  • Periksa apakah switch elekrik stater masih dalam keadaan baik, caranya anda lepas tombol switch nya. Lalu anda jumper dua kabel yang ada di konektor 2p tersebut. Dan jangan lupa perisa aki nya juga.
  • Bagi motor matic periksa juga switch rem belakang, alasannya ialah sistem stater pada motor matic di lewatkan switch rem juga.
  • Periksa apakah bandik atau relay stater bekerja, caranya anda tekan saja tombol stater kemudian anda dengarkan apakah relay suara klik atau tidak. Jika relay suara klik, maka dapat di pastikan penyebab elekrik stater tidak fungsi 90 % dari dinamo yang rusak.
  • Selanjutnya anda periksa apakah tegangan aki sudah hingga pada dinamo, caranya anda periksa dengan multitester atau dapat juga gunakan bolep tester pada kabel merah pada dinamo, dikala tombol stater anda tekan seharusnya ada tegangan aki di kabel tersebut.
Naah apabila anda sudah melaksanakan investigasi di atas dan tegangan aki juga sudah hingga pada dinamo, maka dapat di pastikan bahwa dinamo tersebut rusak, kini kita coba perbaiki dengan mengganti colboster nya.

Gambar brush mega pro

Tips dikala mengganti colboster pada dinamo.
  • Pertama anda buka dahulu cover-cover di motor anda hingga terlihan letak dinamo staternya.
  • Selanjutnya lepaskan dinamo dari mesin motor.
  • Kemudian buka dinamonya, biasanya baut dinamo berukuran 7 mm (T7), tapi di motor yamaha ada juga yang memakai baut ukuran 5,5 mm.
  • Lalu buka dinamonya hingga terlihat colboster.
  • Saat membuka telakkan ring-ring yang ada di dalam dinamo di daerah yang aman. Karena seringnya kita akan lupa urutan ring-ring tersebut.
   Biasanya dikala anda melepaskan baut colboster pada dinamo, salah satu baut pengait akan patah. Jangan takut, pasang saja colboster di baut pengait yang satunya.

   Saat memasang armature kalau anda kesulitan alasannya ialah harus menahan per pelontar colboster, anda siapkan saja penjepit baju untuk menahan nya.

   Setelah colboster terpasang, kemudian anda rakit kembali dinamo, jangan hingga terbalik dikala memasang ring-ring alasannya ialah akan berakibat konslet kalau salah.

   Setelah itu anda pasang kembali dinmo pada mesin kemudian coba elektrik staternya. Dan jreeeng elektrik stater bekerja dengan baik.

Baca juga:
Cara menyidik relay utama di motor injeksi

  Mohon maaf kalau gambar proses pergantian nya tidak ada, alasannya ialah tidak sempat mengabadikan nya.
Semoga bermanfaat.

Sumber https://www.kum3n.com/

Related Posts